oleh

Paseh Harapkan Adanya SMA

SUMEDANG – Masyarakat sangat mengharapkan adanya sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kecamatan Paseh. Hal itu disampaikan Camat Paseh H Nandang Suparman SSos di kantornya, belum lama ini.

Bahkan, pada tahun 2018 Pemerintah Kecamatan Paseh sudah membentuk Panitia Pengadaan Tanah untuk melancarkan wacana tersebut.

“Dengan penerimaan siswa baru kemarin yang ada di SMP 2 tidak sesuai target. Ada masyarakat yang berharap ke saya, SMP 2 Paseh di merger dengan SMP 1 Paseh. Kemudian, SMP 2 dijadikan SMA. Ini baru wacana ya,” ujar Nandang.

Dikatakan, pihaknya telah berusaha mewujudkan panitia pengadaan tanah sebagai langkah awal. Sebab, syarat mutlak sekolah itu adanya tanah. Wacana adanya sebuah SMA di Paseh dari dulu sejak dirinya masuk ke Paseh.

Saat ini juga, lanjut dia, di Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang belum ada Kadis definitip, hal itu menyebabkan harus tertunda untuk koordinasi.

“Nanti kalau sudah ada Kepala Dinas Pendidikan definitif, panitia pengadaan tanah yang sudah terbentuk akan berkonsultasi terkait wacana tersebut. Yang jelas bentuknya apapun, terpenting masyarakat Paseh menginginkan adanya sebuah SMA di Paseh,” jelasnya.

Nandang menuturkan, masyarakat Kecamatan Paseh beralasan adanya nilai ekonomis, jangan sampai siswa siswa berskolah terlalu jauh dari Kecamatan Paseh. Karena, saat ini penerimaan SMP 2 tahun kemarin tidak memenuhi target.

Nandang menegaskan, keinginan adanya SMA di Kecamatan Paseh merupakan aspirasi masyarakat. Diharapkan, wacana tersebut nantinya bisa mengkerucut sehingga masyarakat tidak dibebani oleh swadaya dengan pengadaan tanah.

“Kalaupun toh ada, mungkin bisa beberapa ribu meter persegi jika nanti sudah mengkerucut dan final ya kenapa tidak? Sebab ini sangat diperlukan masyarakat,” tegasnya.

Nandang menjelaskan, masyarakat Kecamatan Paseh juga menginginkan adanya fasilitas umum lainnya, seperti Alun alun dan pasar tradisional. Aspirasi ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu, namun semuanya terbentur pada pengadaan tanah.

” Aspirasi masyarakat Kecamatan Paseh itu kini kendalanya hanya di pengadaan tanah saja,” tukasnya.
Ia juga menjelaskan kendala lainnya dalam mewujudkan aspirasi masyarakat, terutama keinginan adanya SMA. Diantaranya, yaitu izin dari dinas terkait dan sebagainya, tidak sederhana dan memerlukan proses yang cukup lama.

“Dari sisi jumlah siswa di Kecamatan Paseh untuk adanya sebuah SMA sangat memenuhi kuota. Sebab ada SMP 1 dan SMP 2 Paseh serta ada empat Madrasah Tsanawiyah. Tidak menutup kemungkinan mereka ingin melanjutkan ke SMA,” paparnya.

“Yang sangat diuntungkan jika di Paseh ada SMA yaitu nilai ekonomis, transportasi siswa yang tidak terlalu besar dan jauh,” imbuh Nandang. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed