Paseh Persiapkan Tahapan Pilkades Serentak

Peliput/Editor: ATEP BIMO AS/SUMEKS

Paseh Persiapkan Tahapan Pilkades Serentak

BERIKAN ARAHAN: Camat Paseh H Nandang Suparman memberikan arahan pada pelantikan Panitia Pemilihan Kepala Desa Bongkok, kemarin (11/7).(ATEP BIMO AS/SUMEKS)

SUMEDANG – Menjelang Pilkades Serentak 17 Oktober 2018 mendatang, berbagai tahapan telah dilalui Pemerintah Kecamatan Paseh untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Termasuk, pembentukan dan pelantikan panitia pemilihan kepala desa di setiap desa yang akan menyelenggarakan pilkades oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masing-masing desa.

“BPD sudah membentuk dan melantik panitia pemilihan kepala desa di setiap desa yang akan menyelenggarakan pilkades,” ujar Camat Paseh H Nandang Suparman saat dihubungi, kemarin (11/7).

Panitia pemilihan kepala desa, saat ini sudah mulai bekerja dan melakukan beberapa tugasnya. Di antaranya, mengajukan biaya pemilihan kepala desa kepada bupati melalui camat, membuka pendaftaran calon kepala desa, melakukan seleksi dan klarifikasi calon kepala desa dan tugas-tugas lainnya, hingga persiapan untuk menyampaikan nama kepala desa terpilih nanti kepada BPD.

Nandang menuturkan, di Kecamatan Paseh sendiri ada enam desa yang akan menggelar pilkades. Yakni Desa Bongkok, Desa Cijambe, Desa Citepok, Desa Paseh Kaler, Desa Paseh Kidul dan Desa Haurkuning. “Kini semua desa tersebut telah siap menggelar pilkades,” tandasnya.

Nandang mengharapkan, pilkades di enam desa tersebut dapat berlangsung sukses, aman dan lancar. Semua unsur dapat menjadikan pilkades sebagai ajang demokrasi dalam memilih pemimpin di tingkat pemerintah desa.

Menurutnya, kedewasaan dan faham dalam berdemokrasi dituntut dalam ajang pilkades ini. Warga harus menjadikan contoh pada ajang pilkada yang berjalan sukses, aman dan lancar.

“Mudah-mudahan, pilkades nanti tidak terganggu oleh sesuatu apapun. Selain itu, ajang pilkades juga dapat melahirkan pimpinan-pimpinan di tingkat desa yang akan membangun desa sebaik mungkin dan dapat bekerjasama dengan pemerintah yang lebih tinggi,” pungkasnya. (atp)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js