oleh

Pasir Terus Dikeruk, Tiga SUTT Terancam Ambruk

PASEH – Jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) ruas Jawa-Bali milik PLN yang berada di kaki Gunung Tampomas, terancam roboh. Pasalnya, SUTT yang berada di Galian C Blok Cileuksa, Desa Legok Kaler Kecamatan Paseh, pondasi tanahnya terus-terusan dikeruk.

Berdasarkan pantauan Sumedang Ekspres di lapangan, terdapat tiga tiang SUTT yang kondisinya kini terancam ambruk karena longsor. Bahkan, salah satu dari tiang tersebut mempunyai pondasi tanah yang hanya tinggal batu dan pasir.

“Apabila terjadi hujan, dikhawatirkan akan terjadi longsor. Longsor akan mengakibatkan tiang itu roboh. Sangat berbahaya jika sampai tiang itu roboh,” kata Kapolsek Paseh, AKP Cahyadi saat ditemui di kantornya, kemarin (11/1).

Menurutnya, hal tersebut harus diwaspadai warga yang bekerja di kawasan tersebut itu. Sebab, khawatir akan adanya korban apabila longsor terjadi pada pondasi tanah tiang tersebut.
“Mengingat jaringan itu mempunyai tegangan yang sangat tinggi. Apabila roboh, ditakutkan warga tersedot oleh jaringan listrik itu,” tambahnya.

Sekarang ini, pihaknya telah melaporkan kondisi tiang itu ke PLN Cabang Sumedang dan ke Kapolres Sumedang. Laporan itu ditanggapi serius oleh pihak Polres dan akan ditindak lanjut.

Menanggapi hal tersebut, Humas PLN Jawa Barat, Suargina, menyayangkan akan terjadinya hal berbahaya seperti itu. Ia menilai, jika hal tersebut merupakan kelalaian yang dapat merugikan banyak pihak.

“Ini bisa menyebabkan bahaya, dan kalau jaringan itu roboh, berarti pemadaman listriknya sangat luas, termasuk seluruh wilayah Sumedang dan sekitarnya. Ini harus dicek kembali, siapa yang mengeluarkan izinnya. Apakah mereka tidak memperhatikan jaringan listrik yang ada. Listrik itu masuk objek vital, jadi bila mengeluarkan izin ya harus mempertimbangkan aspek lainnya juga,” tuturnya melalui pesan singkat, kemarin.

Sementara itu, PLN Area Sumedang telah menindak lanjuti permasalahan tersebut. Seperti dituturkan Humas PLN Area Sumedang, Purnomo. Pihaknya, telah melakukan koordinasi dengan PLN APP Cirebon terkait SUTT yang terancam ambruk tersebut.

“SUTT ini kan kewenanganya APP Cirebon, jadi mengenai ini kami langsung berkoordinasi dengan mereka. Segala informasi berikut foto ketiga SUTT tersebut, sudah kami informasikan ke APP Cirebon. Mudah-mudahan bisa segera ditindaklanjut,” pungaksnya.(atp/bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed