Patbo Super Tingkatkan Hasil Padi

Peliput/Editor: IST

Patbo Super Tingkatkan Hasil Padi

FOTO BERSAMA: Dandim 0610 Sumedang Letkol Arm I Made Mertha Yasa SSos secara simbolis melakukan panen raya bersama dengan perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sumedang, Forkopimka Ujungjaya, Kepala UPT Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Ujungjaya dan Kepala Desa Keboncau, kemarin.

SUMEDANG – Dalam upaya meningkatkan hasil padi di sawah tadah hujan, Kodim 0610 Sumedang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sumedang melaunching teknologi Patbo Super.

Kegiatan percepatan tanam padi ini dilakukan di lahan sawah tadah hujan milik kelompok tani Sri Mekar Jaya RT 03 RW 05 Desa Keboncau Kecamatan Ujungjaya, kemarin (2/11).

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Ujungjaya Asep Koswara mengatakan ‘Patbo’ merupakan kepanjangan dari Padi Aerob Terkendali dengan penggunaan Bahan Organik.

“PATBO SUPER merupakan paket teknologi budidaya padi spesifik lahan tadah hujan,” kata Asep kepada Sumeks, kemarin.

Dikatakan, dengan basis manajemen air dan penggunaan bahan organik, teknologi ini mampu meningkatkan produktivitas serta peningkatan Indeks Pertanaman (IP). “Komponen PATBO SUPER terdiri dari penggunaan VUB padi yang tergolong ampibi, manajemen air, penggunaan bahan organik, penggunaan alsintan dan pengendalian gulma,” tuturnya.

Manajemen air, kata Asep, merupakan pengaturan tata air mikro yang bersumber dari sumur pantek, embun maupun sungai pada lahan sawah tadah hujan.

“Tentunya, sesuai dengan kebutuhan tanaman secara terbatas (macak-macak) pada fase pertumbuhan tanaman vegetatif sampai dengan generatif,” terangnya.

Sedangkan, untuk penggunaan bahan organik dapat membantu menghemat air. Sebab, bahan organik bersifat mengikat air. “Walaupun tanah sudah retak akibat kekeringan, namun kondisi pertanaman tetap hijau segar,” terangnya.

Asep menjelaskan prioritas penggunaan bahan organik diutamakan insitu. Dimana, jerami padi dimanfaatkan sebagai dekomposer, kemudian dibenamkan menggunakan traktor tangan.

Ditempat sama, Dandim 0610 Sumedang Letkol Arm I Made Mertha Yasa SSos menyambut baik pengenalan teknologi tersebut.

“Mudah-mudahan dengan teknologi baru ini dapat meningkatkan hasil pertanian para petani kita,” ujarnya.

Bahkan, Made berjanji akan memberikan bantuan alat-alat pertanian bagi siapa saja yang membutuhkannya.

“Silahkan ajukan alat-alat yang dibutuhkan melalui Koramil setempat. Kami siap membantu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Keboncau Hendi mengapresiasi kiprah Kodim 0610 dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumedang dalam upaya nya meningkatkan hasil produksi padi pada sawah tadah hujan.

“Dengan adanya program ini, semoga para petani di Kecamatan Ujungjaya mempunyai hasil panen yang meningkat. Mereka dapat melakukan panen dengan hasil yang cukup baik,” harapnya. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js