Pato Soroti Pembinaan Olahraga

Pato Soroti Pembinaan Olahraga

ACUNGKAN TANGAN: Mantan pemain bertahan andalan Persib, Patricio Jimenez Diaz saat berada di Cipanas Cileungsing Desa Cilangkap Kecamatan Buahdua, belum lama ini.

PEWARTA: ATEP BIMO AS/SUMEKS

Harus Dilakukan Bersama-sama

SUMEDANG – Mantan pemain bertahan Persib di era 2006 – 2007, Muhammad Patricio ‘Pato’ Jimenez Diaz menyoroti prestasi olahraga Indonesia. Pato mengatakan prestasi sepakbola Indonesia untuk menuju even sebesar piala dunia masih sebuah mimpi.

Menurutnya, perbaikan yang diperlukan agar sepakbola Indonesia berprestasi adalah pondasi pendidikan keolahragaan secara umum. Pendidikan keolahragaan secara umum harus didapatkan generasi muda sejak usia dini di masa masa sekolah.

“TK dan SD merupakan dasar untuk mendapatkan pendidikan olahraga. Pendidikan olahraga bukan didapatkan di klub klub olahraga yang sudah jadi,” ujar Pato saat ditemui Sumeks setelah memperkuat klub Viking Sumedang Timur di turnamen sepakbola Kebon Dalem Cup, belum lama ini.

Saat ini, kata dia, guru guru olahraga belum mampu serta belum cukup menciptakan seseorang berolahraga. Hal itu menjadi masalah utama di Indonesia.

“Sehingga, sampai saat ini belum ada atlet-atlet olahraga, terutama pemain sepakbola yang memperkuat klub klub eropa ataupun negara lainnya,” ujarnya.

Pato menuturkan, selain pembinaan keolahragaan secara umum, diperlukan pula kebersamaan dalam membina olahraga.

Kata dia, setiap klub olahraga jangan hanya ingin saling mengalahkan satu sama lainnya dengan menghalalkan segala cara tanpa terpacu untuk berprestasi. Namun, ketika bertanding dengan negara lain habis tak berdaya (kalah-red).

“Pokoknya, dalam membina olahraga untuk meraih prestasi semua unsur harus terkoneksi. Semua harus bersama dalam melakukan pembinaan olahraga tanpa melihat ras, suku agama dan lainnya,” tutup Pato. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.