PAUD Bentuk Karakter Anak

KOTA – Bupati Sumedang, Eka Setiawan mengatakan, peran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting dalam membentuk karakter siswa. Tak hanya itu PAUD juga mempuyai peran sangat penting dalam mempersiapkan generasi muda kedepan.

Seperti dikatakan H. Eka Setiawan dalam pidatonya didepan ratusan Guru dan kepala sekolah PAUD se Kabupaten Sumedang dalam acara Jambore PAUD Formal dan Non formal Tahun 2016 di Bale Ratjih Natawidjaya, Islamic Centre Jalan Kutamaya Sumedang, Selasa (11/10).

Menurutnya, anak usia dibawah lima tahun adalah usia yang sangat penting untuk menanamkan dasar-dasar pendidikan kepada mereka.

” Kalau anak dibawah lima tahun pendidikannya bagus, lingkungannya bagus, maka diharapkan generasi muda kedepan akan menjadi generasi pintar, cerdas dan ceria,” katanya.

Eka menuturkan, usia dibawah lima tahun memiliki kemajuan IQ hingga 50 persen .

“Jadi kalau kita didik anak usia dini ini, maka kita sudah mempersiapkan setengah dari pengembangan kecerdasannya,” terangnya.

Kemudian, lanjut Eka, pada usia 8 tahun, mendekati 80 persen dan selebihnya pada usia 18 tahun. “Jadi pada usia balita merupakan masa usia emas atau golden age. Penting bagi kita untuk menyadari, dalam usia ini adalah dasar untuk pengembangan generasi muda kedepan,” katanya.

Oleh karena itu, kata Eka, ia sangat menaruh harapan kepada para tenaga pengajar dan pengurus PAUD termasuk.

Dinas Pendidikan, untuk selalu sabar dalam mempersiapkan generasi muda kedepan.

“Kalau saya lihat catatan di Dinas Pendidikkan Sumedang, yakin setiap desa di Sumedang sudah berdiri PAUD. Bahkan ada di suatu desa banyak berdiri PAUD. Berati mereka sadar dalam mempersiapkan generasi muda,” terangnya. (mg1)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.