Pawai Mobil Hias Warnai Ruas Jalan Perkotaan Sumedang

Pawai Mobil Hias Warnai Ruas Jalan Perkotaan Sumedang

PAWAI: Salah satu kendaraan hias saat akan berkeliling ruas jalan perkotaan Sumedang dalam acara Pawai Mobil Hias, kemarin. (ASEP HERDIANA/SUMEKS)

Peliput/Editor: Asep Herdiana/Usep Adhiwihanda

Suasana berbeda mendadak terjadi di ruas jalan utama wilayah perkotaan Sumedang. Masyarakat pun memenuhi pinggiran jalan karena penasaran dengan deretan sejumlah kendaraan yang dihias beda dari hari-hari biasanya. Dimana Rabu (30/8) kemarin, tengah dilaksanakan “Pawai Mobil Hias”. Berikut liputannya.

SELASA Agustus ini, sejumlah daerah seluruh Indonesia, memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72. Beragam kegiatan digelar dengan banyak melibatkan semua pihak di acara tahunan ini. Termasuk di Kabupaten Sumedang. Banyak ragam acara atau kegiatan digelar dalam memeriahkan hari kemerdekaan ini. Dan setiap momennya, disambut antusias semua kalangan yang ada.

Seperti Rabu (30/8) kemarin, ribuan orang tumpah ruah memadati ruas-ruas jalan utama wilayah perkotaan Sumedang. Warga penasaran untuk menyaksikan “Pawai Mobil Hias” yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tahun 2017.

Dalam acara ini, rentetan mobil yang telah dihias seunik dan semenarik mungkin menyedot animo masyarakat. Dimana acara itu melibatkan 25 peserta yang berasal dari berbagai instansi dinas, perbankan, sekolah, desa dan instansi atau perusahaan swasta yang ada di Sumedang.

Menurut Ketua Panitia HUT Ramdan Ruhendi, mobil hias yang ditampilkan peserta disesuaikan dengan tema masing-masing instansi. Sekaligus, sebagai ajang memamerkan hasil prestasi kinerja mereka selama ini. “Acara pawai kendaraan hias ini sama sekali tidak dari APBD, tetapi dari partisipasi peserta yang terdiri dari instansi kedinasan dalam merancang kendaraan hias yang ditampilkan,” jelasnya.

Selain dari memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-72, pawai ini juga, katanya, dimaksudkan untuk menyuguhkan hiburan gratis bagi masyarakat. Serta, sebagai media juga untuk memancing minat wisatawan dari berbagai kota/kabupaten di sekitar Kabupaten Sumedang.

“Kami ingin ke depan jumlah peserta yang turut serta ambil bagian semakin banyak, karena menjadi agenda rutin tahunan,” kata Ramdan. Dari pelaksanaannya, para peserta start dari Alun-alun Sumedang melalui rute ke beberapa jalan utama di pusat kota, hingga kembali finish di IPP Jalan Prabu gajah Agung. Masyarakat pun terlihat antusias dan berjejer di pinggir jalan menyambut para peserta.

Disela-sela acara, Bupati Sumedang Eka Setiawan sesaat sebelum melepas peserta karnaval di Alun-alun mengatakan, acara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap para pejuang bangsa dalam mempertahankan Kemerdekaan RI.

“Kami berharap kegiatan karnaval dan pawai budaya ini tidak hanya sekedar menjadi rutinitas belaka, yang setelah itu akan hilang begitu saja. Namun hendaknya, kegiatan ini harus dimaknai dari hati nurani,” pesannya. Selain itu, Eka pun memberikan apresiasi kepada para peserta, intansi, perusahaan, lembaga dan perbankan, serta BUMN dan BUMD dan kepala sekolah beserta guru, yang telah mengkoordinir dan mempersiapkan siswa-siswinya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Semoga ajang ini dapat menjadi hiburan dan penyemangat bagi kita semua untuk saling bersatu padu dalam membangun Indonesia yang kita cintai ini,” pungkasnya. (**)

Komentar

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.

Hosting Unlimited Indonesia