PD Aisyiyah Gelar Pink Blue Day

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

PD Aisyiyah Gelar Pink Blue Day

TALK SHOW: Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Sumedang saat menggelar talk show bahanya kanker payudara dan servik di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, belum lama ini.

KOTA – Upaya mengkampayekan bahaya kanker serviks dan kanker payudara, Pimpinan Daerah (PD) Aisyiyah Kabupaten Sumedang menggelar workshop bersama Dr H Dian Indah Wati SPOG, baru-baru ini di Gedung Negara Kabupaten Sumedang.
Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Sumedang H Isni Supriati SSos mengatakan, kegiatan yang serentak dilakukan di 15 provinsi itu, merupakan wujud kepedulian Pimpinan Pusat Aisyiyah terhadap kesehatan ibu-ibu.
“Kebetulan, pemerintah juga sedang gencar mengkampanyekan bahaya penyakit yang mematikan tersebut. Salah satunya dengan cara melakukan ifates, atau pendeteksian penyakit kanker secara dini,” katanya.
Acara yang diberi label Pink Blue Day itu, dihadiri berbagai elemen masyarakat. Seperti bupati, Dinas Kesehatan, BPMPD, Dinas Sosial, bidan, kader posyandu, kader binaan Aisyiyah termasuk BPJS Kesehatan.
“Sekitar 350 surat undangan telah kami sebarkan, dan alhamdulillah mendapat respon yang cukup baik,” tuturnya.
Melalui Program ‘Mampu’ yang dimiliki Aisyiyah, pihaknya berharap ibu-ibu di Kabupaten Sumedang pada khususnya, dapat terhindar dari gangguan penyakit kanker.
Hal senada dikatakan Ketua Majlis Kesehatan Aisyiyah Provinsi Jawa Barat Dr H Indah Wati SPOG. Kanker serviks, menduduki urutan ke lima penyakit mematikan setelah jantung, struk, diabetes melitus dan kanker payudara.
“Penyakit kanker sebenarnya dapat dideteksi sedini mungkin. Dengan catatan, ibu-ibu tidak malu atau malas untuk berkonsultasi untuk melakukan deteksi dini. Kebanyakan ibu- ibu di kita, masuk rumah sakit itu setelah stadium lanjut,” ucapnya.
Dengan kegiatan Pink Blue Day, dia berharap, ibu-ibu mengetahui bahaya gangguan penyakit kanker serviks dan kanker payudara. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js