oleh

PDAM Harus Jadi Aset Masyarakat

Pilih Direktur dan Dewan Pengawas Secara profesional

SUMEDANGESKPRES.COM,KOTA – Anggota DPRD Sumedang Fraksi PKS Drg Rahmat Juliadi meminta Bupati Sumedang Dr H Dony Ahmad Munir, agar menjadikan Prumda (dulu PDAM) Tirta Medal, sebagai aset milik masyarakat Sumedang.

Artinya, sebagai pemilik perusahaan daerah, bupati memiliki tanggung jawab kepada masyarakat, atas maju mundurnya perusahaan kedepan. “Buktikan bahwa PDAM itu milik publik ,” katanya kepada Sumeks, Senin (3/8).

Salahsatunya, kata Rahmat, dengan cara memilih direktur dan dewan pengawas PDAM secara profesional. “Dewan pengawas itu difungsikan dengan benar. Sehingga direksi tidak langsung potong kompas ke bupati, seperti yang terjadi pada pemerintahan  sebelumya” ujar dia.

Sebagai wakil rakyat, Rahmat berharap besar kepada bupati Sumedang saat ini, untuk melakukan perubahan besar dalam menata PDAM kedepan. “Sehingga PDAM yang sedang sakit kaya sekarang ini, bisa sehat kembali,” harapnya.

Kaitannya dengan keberadaan Dewan Pengawas yang ada, menurut dia, jika memang memiliki kafasitas yang mumpuni, harus bisa menjalankan tugas dan fungsi sebagai mana mestinya. “Sok atuh sistem kerjanya diperbaiki. Dewan pengawas harus difungsikan sebagai pengawas, jangan dilewat begitu saja oleh direksi,” katanya.

Intinya, lanjut Rahmat, secara keseluruhan, tinggal menjalankan tata kelola yang sudah ditetapkan dalam peraturan bupati (perbup), yang memang secara teori  sudah bagus. “Posisikan bahwa PDAM ini milik masyarakat. Prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi harus betul-betul dilaksanakan,” ujarnya. (nur)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

2 komentar