Pebaikan Jalan Lingkar Mendesak

Pebaikan Jalan Lingkar Mendesak

RATAKAN: Sebuah alat berat diturunkan untuk meratakan kondisi Jalan Lingkar Jatigede, dan mendapat peninjauan dari anggota kepolisian sektor Darmaraja, baru-baru ini. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

PEWARTA: heri purnama/usep adhiwihanda

DARMARAJA – Pihak Kepolisian Sektor Darmaraja, melakukan peninjauan langsung pada amblasnya Jalan Lingkar Jatigede di Blok Legok Huni, Desa Neglasari, Kecamatan Darmaraja, Jumat (5/2) lalu. Saat ini, kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan, karena amblasnya smakin dalam. Sementara ini pihak terkait tengah melakukan penanganan pengerukan jalan dengan menggunakan alat berat.

Anggota Lembaga Pemerdaya Masyarakat (LPM) Desa Neglasari, Gegep Safe’I, yang ikut mendampingi pekerjaan pembangunan jalan lingkar, menyebutkan, kondisi ini berdampak kepada masyarakat. Amblasnya jalan yang menghambat aktivitas masyarakat, mengganggu pula lahan pertanian dan tahan longsoran menyumbat saluran irigasi.

“Dampaknya, selain dari pengendara kepada para petani juga,” tuturnya, kemarin.

Di tempat sama, warga sekitar, Nurhayati menyebutkan bahwa wilayah tersebut tadinya adalah rawa yang terletak di hutan, kemudian diratakan dengan alat berat. “Memang blok itu tadinya semacam rawa, di situ tadinya hutan, namun diratakan oleh alat berat,” ujarnya.

Sementara itu, pantauan Sumeks, air Waduk Jatigede semakin mendekati Jalan Raya Rd Umar Wiradikusuma, di Desa Sukamenak dan Jatibungur. Itu berarti, Jalan Wado-Sumedang akan putus. Sementara jalan lingkar belum bisa difungsika, sebab harus membenahi jalan yang amblas. Serta harus menyelesaikan jembatan di Sungai Cimanuk, yang menghubungkan antara Desa Cikareo Selatan dan Sukapura. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.