Pecinta Otomotif Harapkan Sirkuit

Pecinta Otomotif Harapkan Sirkuit

BERAKSI: Ratusan penonton menyaksikan aksi pembalap dalam kegiatan Kampung Otomotif yang digelar setiap akhir pekan di IPP Kabupaten Sumedang. (ASEP HERDIANA/SUMEKS)

PEWARTA: ASEP HERDIANA/SUMEKS

SUMEDANG – Antusias terhadap dunia otomotif, sedang tinggi, terutama di kalangan anak muda.

Tak hanya terjadi di kota-kota besar, fenomena ini juga berlaku di Sumedang dengan banyaknya penoton kegiatan yang berbau otomotif. Contohnya, kegiatan yang digelar tiap akhir pekan di Halaman Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang.

Kegiatan yang dinamai Kampung Otomotif Sumedang itu, setiap pekannya bisa dikunjungi 500 hingga 700 pengunjung setiap kegiatan. Meski pun dengan kemasan sederhana, kagiatan latihan balap tersebut ternyata cukup menarik masayarakat untuk menjadi sebuah tontonan hiburan.

“Meski pun dikemas sederhana, tidak digelar di sircuit asli, lihat saja antusias penontonnya selalu banyak. Ini merupakan sebuah bukti bahwa dunia otomotif memang digemari di Sumedang, khususnya bagi kaum muda,” ujar Koordinator kegiatan Kampung Otomotif Sumedang Asep Komara saat ditemui di Kantor DPD KNPI Sumedang, kemarin (17/1).

Asep yang juga tokoh OKP Brigez Sumedang ini mengungkapkan, selain menjadi tontonan gratis bagi masyarakat dan club motor, kegiatan juga membantu penghobi balap menyalurkan bakatnya. Bahkan semenjak ada kegiatan tersebut, bengkel sepeda motor laris karena banyak peminat yang memodifikasi motor.

“Banyak pemilik bengkel yang laporan, semenjak adanya kegiatan ini bengkel kebanjiran order modif dan oprek motor. Ini tentunya sisi positif yang terjadi,” terangnya.

Selain itu, panitia juga berkerja samba dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumedang, untuk menjadi arena latihan atlet Porda Cabor Balap Motor berlatih di Kampung Otomotif.

“Harapan kami ke depannya mudah-mudahan pemerintah mau memperhatikan lagih hobi pemuda khususnya di bidang otomotif untuk segera membuat sirkuit baru. Soalnya kita sudah ketinggalan sama kabupaten sebelah yang kini memiliki sirkuit seperti Kabupaten Subang dan Majalengka,” tambahnya.

Dia juga menambahkan, bahwa saat ini bisnis di bidang otomotif pun cukup menggiurkan dan itu akan menambah pemasukan ke APBD apabila Pemerintah Sumedang bisa membuat sirkuit. (her)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.