Pedagang Pinggiran Raup Untung

Pedagang Pinggiran Raup Untung

ISTIRAHAT: Beberapa pemudik sedang beristirahat di sebuah warung pinggir Jalan Raya Tasik-Sumedang, belum lama ini.(HERI PURNAMA/SUMEK)

PEWARTA: Heri Purnama/Iman Nurman

Previous Next

CISITU – Memasuki arus balik lebaran, sejumlah pedagang pinggiran di sepanjang Jalan Raya Cisitu-Wado sampai Tasikmalaya mengalami peningkatan omzet.Suasana mudik dan arus mudik balik memberikan keuntungan pada pedagang di pinggir jalan provinsi. Meski lebaran sudah tertinggal 9 hari lalu, namun kondisi mudik balik masih meramaikan jalanan.

Pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua menjadi salah satu sumber pendapatan bagi pemilik warung kopi yang beroprasi di pinggir jalan provinsi. Pantauan Sumeks setiap warung di pinggir jalan Rd. Umar Wiradikusuma dan jalan lingkar Jatigede dipenuhi oleh pengendara roda dua yang hendak kembali ke tempat tinggalnya.

Para pengendara tersebut menjadikan warung-warung yang ada di pinggir jalan tersebut sebagai sarana untuk mereka beristirahat dan memulihakan tenaga. Dikatakan salah satu pemilik warung di perbatasan Kecamatan Darmaraja-Cisitu, Nining, 42, dari 3 hari sebelum lebaran warungnya sudah ada peningkatan konsumen.

Apalagi musim mudik sebelum lebaran warung kopinya lebih ramai pada saat adzan magrib karena banyak pemudik yang takjil di warungnya itu. “Dari 3 hari sebelum lebaran sudah ramai, tapi kalau musim mudik sebelum lebaran ramainya itu setelah magrib. Saya juga jualan kolak laku keras,” katanya, saat di temui di warungnya, Senin (3/7).

Diakui, peningkatan keuntungan beberapa minggu ini memang ada lebihnya dari hari-hari biasa, diperkirakan peningkatan itu sekitar 40 presen. “Ya kalau peningkatan pendapatan pasti ada, cuma tinggal pandai-pandainya kita memberikan fasilitas kepada para pemudik, misalkan pemudik dinyamankan dengan lesehan untuk istirahat,” katanya lagi.

Ia menyebutkan, pada dasarnya para pemudik akan tertarik saat melihat tempat/warung yang rindang dan sejuk. Karena suasana seperti itu akan memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa gerah saat cuaca siang dalam keadaan panas.

“Warung saya ini sengaja di tanami pohon rindang di depannya, biar para pemudik yang beristirahat dapat disejukan juga oleh udara yang sejuk,” ucapnya. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.