oleh

Penerapan Dana Kelurahan Situ Sesuai Sasaran

SUMEDANG – Sesuai dengan tujuannya, Dana Kelurahan diterapkan sebagaimana mestinya. Seperti di Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara.

Sejumlah kegiatan pembangunan sarana dan prasaranan di kelurahan, digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Tentunya, yang meliputi pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan pemukiman, transportasi, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

Seperti dikatakan Lurah Situ, Drs Irfan Iskandar, dana kelurahan tahun pertama ini, telah diterapkan sesuai tujuan digelontorkannya dana dari pemerintah. Antara lain pembangunan pojok baca, penyediaan gerobak sampak untuk 20 RW yang meliputi 76 RT di Kelurahan Situ, penyediaan pesawat HT untuk komunikasi aparat dan RW, serta seragam linmas sebanyak 180 orang dari setiap RW.

“Termasuk, anggaran atau dana kelurahan ini, kita gunakan untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan bagi lembaga kemasyarakatan Kelurahan Situ, sekaligus memfasilitasi setiap kegiatannya,” katanya.

Disebutkan Lurah Situ, dana kelurahan itu, diterapkan juga pada pemeliharaan lingkungan. “Seperti pebaikan jalan, jalan gang dan juga saluran air. Jadi kedepan, bilamana perlu bantuan sifatnya kecil, tidak perlu minta bantuan lagi ke kabupaten, cukup di kelurahan saja karena ada dana kelurahan,” tambahnya.

Menurutnya, bantuan dana kelurahan ini, bersifat stimulan. Dan fokusnya, untuk peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

“Karena sifatnya itu stimulan dan bukan proyek, makan swadayanya yang besar. Masyarakat itu diharap, saat kita beri stimulan anggaran ini, masyarakat dapat mendukung atau menambah sendiri. Dan untuk kabupaten, untuk kelurahan itu sama, semuanya ingin masyarakat itu tidak terbuai atau pun tidak harus meminta ke kabupaten,” jelasnya.

Lurah menambahkan sejumlah prestasi yang telah diraih Kelurahan Situ. Di antaranya juara ketiga sinergitas kelurahan tingkat kabupaten dan kelurahan sadar hukum. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed