Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Digelar di Cimalaka

Peliput/Editor: ASEP NURDIN/SUMEKS

Pelatihan Kepemimpinan Pemuda Digelar di Cimalaka

PELATIHAN: Ratusan pemuda-pemudi dari berbagai kecamatan dan desa di Kabupaten Sumedang saat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pemuda di Hotel Hanjuang Cimalaka, kemarin.

Cetak Usahawan Muda

CIMALAKA – Ratusan pemuda dari tiap desa dan kecamatan di Kabupaten Sumedang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pemuda, Rabu (20/12). Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan di Hotel Hanjuang Cimalaka.

Pelatihan Kepemimpinan Pemuda diselenggarakan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Citra Tandang Pembangunan yang bekerja sama dengan Kementrian Pemuda Republik Indonesia.

“Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan bibit-bibit muda serta mencetak para kader bangsa dan para wirausahawan muda,” kata ketua panitia Ekky Ahmad Muzaki Ramdani SH kepada Sumeks, kemarin (20/12).

Kata Ekky, kewirausahaan dinilai sangat penting untuk dipacu. Mengingat, tingginya angka pengangguran pada setiap jenjang pendidikan.

Di tempat sama, anggota DPR RI H Dony Ahmad Munir ST MM yang juga calon bupati Sumedang mengapresiasi kegiatan yang terselenggara.

“Dengan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda, diharapkan para pemuda memiliki jiwa kepemimpinan,” katanya.

Disamping itu, lanjut dia, pemuda harus memiliki jiwa kewirausahaan sebagai bagian dari kemandirian mereka dalam bidang ekonomi.

Dalam kegiatan ini, pihaknya akan mencoba memberikan materi yang dapat merubah mindset (pemikiran) serta sikap dan mental. Sehingga, para pemuda Sumedang memiliki kompetensi dan keahlian yang dapat dikembangkan di setiap desa.

“Mudah-mudahan gerakan ini menjadi solusi bagi penciptaan lapangan pekerjaan di Sumedang,” paparnya.

Dony berharap kepada para pemuda agar dapat menjadi bagian solusi ditengah masyarakat. “Mereka harus memiliki kompetensi dalam bidang kewirausahaan dengan berlandaskan akhlaqul karimah,” tegasnya.

Hal senada dikatakan Calon Wakil Bupati Sumedang, H Erwan Setiawan SE. Menurutnya, para pemuda harus percaya diri dalam memimpin.

Setiap orang berpotensi untuk menjadi pemimpin. Karena secara hakekat, manusia dilahirkan ke dunia untuk jadi khalifah (pemimpin).

“Ini yang akan kita tumbuh kembangkan kepada para pemuda,” katanya.

Pemuda, lanjut Erwan, harus siap dalam menghadapi tantangan global yang saat ini berkembang.

Acara yang bertema Eksistensi Pemuda Dalam Membangun Peradaban Dunia itu diwarnai dengan Deklarasi Garuda atau Gerakan Wirausahawan Desa.

Selain Dony Ahmad Munir sebagai pembicara kunci, turut hadir pula civitas STIE Sebelas April DR H Arifin SE MM, Nana Mulyana dan Maman Superman sebagai tokoh pengusaha Sumedang.

Ketiga tokoh itu pun turut memberikan pemaparan materi tentang kewirausahaan. (nur)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.