Pembangunan Pasar Ditarget Rampung Mei 2016

Pembangunan Pasar Ditarget Rampung Mei 2016

TPS PEDAGANG: Tempat penampungan sementara (TPS) para pedagang pasar Cicalengka saat sedang dibangun beberapa waktu lalu. (DOK. BANTEKS)

Peliput/Editor: engkos koswara/atep bimo

CICALENGKA – Mulai bulan depan, pedagang Pasar Cicalengka akan menempati tempat penampungan sementara (TPS) di Alun-alun Cicalengka. Kesepakatan ini terjalin, antara pedagang yang tergabung Paguyuban Pedagang Pasar Cicalengka (P3C) dengan PT Bangunbina Persada, selaku pengembang.

Ya, sejak terbakarnya Pasar Cicalengka 2011 silam, ratusan pedagang terpaksa menempati kios darurat yang dibangun Pemkab Bandung. “Kami sudah menyiapkan TPS, selama bangunan pasar dalam proses pembangunan,” ujar Direktur Operasional PT Bangunbina Persada Ir H Engkus kepada Bandung Timur Ekspres (Grup Sumedang Ekspres), di kantornya, Jalan Raya Cicalengka, Desa Cicalengka Wetan, kemarin.

Engkus menargetkan, pencapaian pembangunan ‘Pasar Sehat Cicalengka’ rampung pada Mei 2016. Selanjutnya, kata dia, pengembang siap memasilitasi pedagang yang ingin memiliki kios atau ruko.

“Jampir 90 persen pedagang korban kebakaran sudah terdafftar untuk menempati kios/los baru. Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar. Bagi yang belum terdaftar sebagai pemilik kios tetap, kami tunggu,” tuturnya.

Ia juga menerangkan, PT Bangunbina Persada sudah membangun 22 pasar tradisional yang tersebar di beberapa daerah. Kini, bangunan itu pun sudah ditempati pedagang.

Sementara itu, Ketua P3C H Deni Hamdani membenarkan, pada November mendatang para pedagang segera menempati TPS. “Rencananya, kami hanya menempati TPS selama enam bulan saja. Selanjutnya, setelah selesai pembangunan pasar yang baru, semua pedagang segera pindah,”ungkapnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.