oleh

Pemda Niat Urus Wisata Patambon

SUMEDANGEKSPRES.COM , CIMANGGUNG – Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan SE didampingi Sekda Herman Suryatman mendorong pembangunan wisata Alam Patambon di Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung segera terwujud. Bahkan di tahun 2021, Pemkab akan menganggarkan pembangunan infrastruktur menuju akses ke Patambon. 

“Suasana alamnya indah, menarik, dan tak kalah dengan wisata alam yang ada di Lembang. Hanya saja, jalannya masih tanah terjal dan berliku. Saya perintahkan sekarang juga kepada Sekda untuk menganggarkan di 2021,” katanya. 

Menurut Erwan, Wisata Alam Patambon harus menjadi andalan wisata Kabupaten Sumedang. Dengan luas area sekitar 5 hektare lebih ini, akan tertata rapih jika semua masyarakat menjaga dan ikut membangun ini. Hanya saja, lanjut Erwan, jika memungkinkan, cari jalan alternatif lain agar lebih dekat ke jalan utama dan lebih mudah dijangkau masyarakat luas.  

Kepada warga masyarakat sekitar, lanjut Erwan, silahkan manfaatkan tempat wisata ini, publikasikan ke masyarakat luas, jangan sampai masyarakat luar tidak tahu. Dan jika telah berjalan, jangan sampai berebut kekuasaan untuk mengelola sendiri, tapi kembangkan wisata ini demi kemajuan Cimanggung dan Sumedang pada umumnya. 

Sementara itu, Kades Cimanggung Yayat Hidayat mengatakan lahan areal Patambon terletak di Dusun Batunangtung Desa Cimanggung. Lahan ini, milik BKSDA Provinsi Jawa Barat peralihan dari Perum Perhutani. Sehingga, pepohonannya pun tidak hanya pinus namun ada tanaman keras lain.

“Cocok jika dijadikan lahan konservasi budidaya tanaman, obat-obatan dan wisata alam keluarga. Selain udaranya yang asri, juga pemandangannya langsung ke Bandung yang terlihat jelas,” kata dia.

Disamping itu, ada juga kolam pemancingan dan air sungai yang mengalir jernih dari air terjun (Curug) Lalai. Namun, karena musim kemarau air di sungai menjadi kering. 

“Kedepannya kami bersama masyarakat dan RW, Kepala Dusun akan menata lebih luas lagi. Berharap Patambon yang berada di kaki Gunung Kareumbi ini menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Sumedang setelah Curug Sindulang,” tandasnya. (imn

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.