Pemdes Kirisik Anggarkan PADes Untuk Sosial

SUMEDANG – Pemerintah Desa Kirisik Kecamatan Jatinunggal, menggunakan Pendapatan Asli Desa (PADes) untuk sosial. Dari sekitar Rp 206 juta jumlah PAD secara keseluruhan berikut dengan PAD gotong royong, diperuntukan membantu yatim piatu.

Dikatakan Kepala Desa Kirisik Papat, bahwa pemerintah desa berupaya semampunya untuk membantu puluhan warganya yang benar-benar memerlukan bantuan.

“Kita memilih warga yang benar-benar butuh bantuan. Jadi kita yakinkan bantuan dari PAD selama ini tepat sasaran,” ucapnya, kemarin (4/12).

Dia menyebutkan, retribusi dari aktivitas jual beli di pasar dan lain sebagainya termasuk retribusi dari Tanah Kas Desa (TKD), merupakan anggaran yang bisa digunakan untuk apa pun dan kewenangannya ada pada desa.

Hal itu, membuat pihaknya lebih fokus menggunakan anggaran tersebut untuk kesejahteraan masyarakat kurang mampu. Sebab untuk pembangunan infrastruktur, desa masih bisa menggunakan anggaran lain.

“Kita lebih fokus ke masalah sosial kalau untuk penggunaan PADes,” ucapnya.

Dikatakan kades, untuk kedepannya pemerintah desa berharap ada tambahan PAD dari yang lainnya. Dalam hal ini, pihak desa sudah memiliki gambaran untuk bisa meningkatkan PAD dari menggali potensi wisata dan industri.

Papat menerangkan, di wilayahnya terdapat potensi wisata yang cukup memiliki daya jual, yaitu Curug Guranteng dan Cacaban. Ketinggian dari pada curug tersebut cukup ideal untuk dijadikan tempat wisata. Namun untuk mewujudkannya, perlu ada dorongan atau kerja sama dengan investor untuk mengembangkannya.

“Sepertinya kita butuh investor untuk menata wilayah curug tersebut,” harapnya seraya menyatakan, selain itu ada juga potensi lainnya seperti Batu Sirap yang bisa diproduksi dan dijual. (eri)

Ikuti Kami di Sosial Media:
0

One Comment on “Pemdes Kirisik Anggarkan PADes Untuk Sosial”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.