Pemerintah Gali Potensi Kaum Wanita

Pemerintah Gali Potensi Kaum Wanita

BERIKAN: Sekda Sumedang, Zaenal Alimin memberikan Akta Kelahiran gratis bagi warga Binaan Program P2WKSS, kemarin. (HUMAS PEMKAB)

Peliput/Editor: iman nurman/rls

KOTA- Sekretaris Daerah Zaenal Alimin, mengatakan banyak potensi yang bisa digali kaum perempuan terutama dalam Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKKS). Seperti contoh di Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan, katanya, pemberdayaan wanita di sana cukup bagus dan perlu digali lagi.

“Banyak potensi yang ada di Desa Cijeruk yang masih bisa digali. Melalui program P2WKSS, potensi yang terpendam tersebut semakin terbuka, terlihat dan terbaca oleh semua pihak dan terlihat bahwa peran wanita dalam kehidupan sosial masyarakat bisa sejajar dengan kaum laki-laki,” ungkap Sekda usai menerima kunjungan Tim Penilai Program Terpadu P2WKSS Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2015, kemarin.

Desa Cijeruk Kecamatan Pamulihan merupakan desa binaan program P2WKSS yang terpilih mewakili Kabupaten Sumedang untuk dievaluasi melalui verifikasi akhir oleh Tim Penilai Program P2WKSS Tingkat Provinsi dari Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat Jawa Barat di bawah pimpinan DR Hj Neni Alyani.

Sekda Zaenal Alimin di awal sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh rombongan Tim Penilai.

“Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang menyampaikan selamat datang kepada Bapak dan Ibu. Mudah-mudahan berkenan menikmati udara sejuk dan kerasan untuk tinggal Desa Cijeruk meskipun hanya sejenak,” ujar Sekda.

Sekda juga mengatakan sengaja mengundang hadir para Kepala SKPD dan camat agar bisa menyaksikan secara langsung bagaimana luar biasanya warga Desa Cijeruk khususnya kaum wanita dalam memanfaatkan, mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di Cijeruk.
Tugas selanjutnya, sambung Sekda, adalah mengembangkan potensi yang dimiliki tersebut karena melalui P2WKSS pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten terbantu dalam mensukseskan berbagai program pembangunan lainnya. “Apalagi P2WKSS diperankan oleh Tim Penggerak PKK,” tegasnya.

Sekda juga berharap agar aktifitas yang sudah digerakkan oleh kaum ibu melalui P2WKSS tidak hanya sebatas penilaian semata. “Justru hal ini merupakan langkah awal untuk lebih maju dan berkembang di kemudian hari dimana masyarakat Sumedang melalui peningkatan peranan wanita bisa mencapai upaya-upaya untuk mewujudkan visi misi yang telah disepakati yaitu menuju Sumedang Senyum Manis Tahun 2018,” pungkas Zaenal.

Pada kesempatan tersebut turut pula diserahkan secara simbolis Akta Kelahiran gratis dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumedang bagi 179 jiwa dari 100 KK Binaan Program P2WKSS yang diterima oleh 11 perwakilan. (rls)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.