oleh

Peminat Calon Kades di Cilayung Jatinangor Terbilang Sedikit

SumedangEkspres.com – Tahapan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak se-Kabupaten Sumedang, sudah memasuki tahap pengundian nomor urut calon. Salahsatunya di Desa Cilayung Kecamatan Jatinangor yang digelar di Gor Desa Cilayung, Senin (20/1).

Tak seperti pemilihan kades yang lain, di Cilayung peminat calon kades terbilang sedikit. Pemilihan orang nomor satu di Cilayung itu hanya diisi calon incumbent Uyun dan pesaingnya Dedeng Saefurohman yang merupakan ketua RW.

Informasi yang dihimpun Sumeks, Uyun memperoleh nomor urut dua. Sedangkan Dedeng memperoleh nomor urut satu. Uyun merupakan calon petahana yang telah berpengalaman membawa perubahan di Cilayung.

Sementara, pesaingnya Dedeng juga bukan orang biasa. Dia adalah ketua Relawan Bencana Jatinangor (Jercy) yang juga aktif di Paguyuban Pasundan dan Pemuda Pancasila. Sebelumnya, pada periode sebelumnya Dedeng mencalonkan sebagai kades namun kalah oleh Uyun.

Ketua Panitia Pilkades Cilayung, Bunyamin mengatakan, kandidat calon kepala desa Cilayung nomor satu, Dedeng Saefurohman dan nomor dua Uyun. Penetapan nomor urut, kata dia, sudah dalam tahapan pilkades dan sudah selesai tahap administrasi.

“Keduanya dinyatakan telah lengkap persyaratan admistrasi oleh panitia Pilkades. Berdasarkan hasil musyawarah kami telah menatapkan kelengkapan adminitrasi Balon kepala Desa Cilayung untuk selanjutnya tahap Kampanye,” katanya.

Dia menuturkan, pihaknya menghimbau kepada semua calon dapat menahan diri untuk menjaga kondusitivitas di masyarakat. Contonya teknis memasang gambar, atau membuat Posko, ataupun mengondisikan masa bukan pada waktunya.

“Ini akan memberikan dampak kurang baik, karena itu saya berharap kepada semua calon bisa menahan diri dulu,” ucapnya.

Selanjutnya kata Bunyamin, setelah penetapan calon dan nomor urut, pada pertengahan Februari akan diadakan sosialisasi kepada seluruh warga.

“Baru pada tanggal 30,31 Maret dan 1 April 2020 akan diadakan kampanye terbuka. Setiap calon akan diberikan kesempatan untuk kampanye di daerah yang telah dijadwalkan,” katanya.

Sementara menurut Penjabat Kades Cilayung Ade Rahmat berpesan bagi para calon, untuk dapat menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kampanye hitam atau money politik.

“Dikarenakan kita semua ini saudara, hal-hal dalam berpolitik apabila ada gesekan, itu suatu hal yang wajar, yang penting kita harus tetap menjaga komunikasi agar tetap Harmonis,” ucapnya.

Menurutnya, Pilkades adalah mencari putra putri terbaik di desa, dan sekarang sudah terjaring oleh panitia yakni dua putra terbaik.

“Saya menghimbau sama masyarakat ayo kita sukseskan Pilkades Desa Cilayung tanpa Ekses. Siapapun pemenangnya dialah yang terbaik kades pilihan warga,” tutupnya. (imn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed