oleh

Pemkab Dorong Pembuatan UKK Imigrasi

SUMEDANG – Akhir tahun 2017, Kantor Imigrasi Kelas I Jawa Barat akan membuka Anjungan Paspor Mandiri (APM) untuk melayani pembuat paspor di Sumedang. Namun hal tersebut dinilai kurang membawa efek yang maksimal, sebab para pemohon masih harus pergi ke bandung untuk sesi wawancara dan cetak paspor.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Sumedang medorong berharap adanya Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi agar pelayanan keimigrasian bisa lebih luas cakupannya. Dengan begitu bisa juga melayani beberapa daerah yang dekat dengan Sumedang.

Untuk mewujudkanya, Assisten Daerah Bagian Administrasi Kabupaten Sumedang Dicky Rubiana Abdullah mengungkapkan, pemkab akan segera mengajukan permohonan ke Kemenkumham untuk selanjutnya menunggu persetujuan sampai diterbitkannya Surat Keputusan dari Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia terkait pembentukan UKK Imigrasi di Sumedang.

“Setelah kita tempuh semua mekanisme dalam hal pembentukan UKK Imigrasi, diharapkan kita segera mempunyai UKK Imigrasi sehingga ini tentu akan memudahkan masyarakat Sumedang khususnya dalam hal pengurusan paspor,” ujar Dicky, kemarin (30/7).

Ditanya mengenai anggaran perihal pembentukan UKK Imigrasi di Sumedang, dirinya pun mengungkapkan bahwa Sumedang hanya sebatas memfasilitasi lahan. Sedangkan terkait pembangunan beserta sumber daya manusianya menjadi wewenang dan kewajiban dari Kemenkumham itu sendiri. “Insya Allah kita akan fasilitasi demi terbentuknya UKK Imigrasi di kita, dan terkait ketersediaan APM Sumedang, maksimal akhir tahun ini sudah bisa berjalan,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung Maulia Purnamawati menuturkan, bahwa kedatangan dirinya di Sumedang saat itu terkait penyediaan Unit Pelayanan Paspor Mandiri di Sumedang. “Alhamdulillah dari pemkab responnya positif dan malah beliau juga lantas mengajukan agar di Sumedang ini dibentuk pula UKK Imigrasi,” tuturnya. (her)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed