Pemohon Pemula E-KTP Membludak

Pemohon Pemula E-KTP Membludak

ANTRI KTP: Warga Kecamatan Cimanggung sedang mengantri untuk mendapatkan KTP. Rata-rata yang mengantri itu adalah pemohon pemula.

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

SUMEDANG – Antrean pemohon pembuatan KTP memadati kantor Kecamatan Cimanggung menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Sumedang dan Jawa Barat 2018. Serta, pemilihan presiden dan legislatif tahun 2019 mendatang.

Seorang warga Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung Mahmudi, 17, yang mengantri di bagian pelayanan Kecamatan Pamulihan menuturkan pelayanan ini tidak seperti biasanya. Sebelumnya, dirinya juga pernah mengantri dari pagi hingga siang hari.

“Tidak biasanya pemohon pembuatan KTP mencapai ratusan orang,” kata Mahmudi kepada Sumeks, kemarin (21/11).

Terpisah, Kasi Pelayanan Umum Kecamatan Cimanggung, Drs H Agus Munajat mengakui adanya onjakan para pemohon e-KTP. Mungkin mencapai lima kali lipat dari hari biasa.

“Memang akhir-akhir ini ada kenaikan pemohon e-KTP pemula. Bahkan, hingga mencapai 100 pemohon setiap hari,” ungkap Agus.

Agus mengatakan, pemohon pemula didominasi para pelajar yang sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan identitas kependudukan. Apalagi bertepatan dengan musim liburan sekolah. Jadi kesempatan tersebut dimanfaatkan mengurus administrasi kependudukan.

Selain pemohon e-KTP pemula, kata Agus, ada juga pemohon yang kehilangan e-KTP, pengubahan status kepindahan domisili serta lain-lain. “Jadi wajar pemohon tidak seperti hari biasa,” ujarnya.

Sebelumnya, kata Agus pemerintah Cimanggung mengundang warga yang belum direkam melalui kepala desa RT/RW untuk hadir dalam rangka pemotretan di kantor kecamatan.

Dengan adanya undangan itu, kurang lebih 100 orang warga dalam sehari datang untuk melakukan perekaman. Terutama, mereka yang pemula dan usia 17 atau siwa SLTA kelas 3.

“Perekaman sekitar 100 orang per hari. Setelah di lakukan perekaman warga tersebut di arahkan untuk membuat KTP dengan membawa surat dari langsung di arahkan ke disduk untuk membuat surat keterang (suket) yang di keluarkan oleh dinas kependudukan,” tuturnya. (kos)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.