Pencuri Kayu Diamankan

Pencuri Kayu Diamankan

AMANKAN: Petugas polisi Kehutanan KPH Sumedang saat mengamankan satu truk barang bukti kayu jati yang merupakan hasil curian. (SOBAR BAHTRIAR/SUMEKS)

Peliput/Editor: Sobar Bahtiar/iman nurman

PETUGAS Polisi Hutan Perhutani KPH Sumedang, Sabtu (24/10)sekitar pukul 21.00 berhasil mengamankan seorang pencuri kayu. Dia bernama Wahyudin (35), pencuri kayu asal Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu.

Wahyudin tertangkap saat mencuri kayu di wilayah Perhutani KPH Sumedang. Tepatnya, di Blok Ranggahaji Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya.

Pelaku mencuri sebanyak satu truk pohon kayu jati masing-masing ukuran 2,5 meter.
Dari kejadian itu, Sekretaris Komisi B DPRD Kabupaten Sumedang, Titus Diah mengapresiasi polisi hutan yang sudah sigap dalam menjalankan tugasnya.

“Saya apresiasi polhut yang sudah sigap dalam melindungi hutan. Semoga para petugas yang dilapangan akan lebih meningkatkan kewaspadaanya. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi lagi illegal logging seperti yang terjadi kemarin ” kata Titus kepada Sumeks, kemarin.

Dalam kejadian itu, petugas berhasil mengamankan barang bukti. Diantaranya satu truk kayu jati, satu unit truk dengan nopol Z 8378 WA dan alat yang digunakan untuk memotong kayu.
Saat diperiksa di Polsek Ujungjaya, Wahyudin mengaku nekat mencuri kayu karena terdesak kebutuhan ekonomi. Rencananya, kayu-kayu itu akan dijadikan bahan untuk membuat mebel untuk dijual.

“Kayu ini nantinya akan dibikin mebel buat dijual. Uangnya nanti buat bayar utang, saya sudah pusing karena terbelit utang. Dan, sekarang ditangkap ya saya pasrah saja,” terangnya.

Sementara itu, Amsor yang merupakan polisi hutan yang menangkap pelaku mengatakan jika ia sudah menjadi target polisi sejak lama. Karena, diduga bukan kali ini saja pelaku melakukan penebangan dan pencurian kayu.

“Kita sudah mengintai dari beberapa waktu sebelumnya. Meski pelaku mengaku bekerja sendirian dalam aksinya, kita akan tetap lakukan pengembangan. Karena, tidak menutup kemungkinan ada tersangka lainnya ” kata Amsor. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.