Pendaftar SMANSA Membludak

KOTA – SMAN 1 Sumedang (Smansa), menjadi salah satu sekolah pilihan orang tua siswa dalam menyekolahkan anaknya. Tak heran, jika dalam dua hari ini, ratusan pendafrar melalui jalur akademik mengantri agar bisa bersekolah di SMA favorit itu. Bagian Humas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Smansa, Hj. Lilih Solihah S.Pd mengatakan, pihaknya akan menerima peserta didik baru sebanyak 12 kelas.

“Rata-rata perkelasnya 36 orang,” katanta kepada Sumeks, selasa (4/7) di ruang kerjanya. Menurutnya, ada dua jalur yang dapat ditempuh, untuk bersekolah di SMAN 1 Sumedang, jalur akademik dan non akademik. “Kuota jalur akademik sebanyak 60 persen, 55 persennya untuk pendaftar dari wilayah Jawa Barat dan 5 persen lainnya bagi pendaftar dari luar provinsi,” tuturnya.

Sedangkan yang 40 persen lagi, merupakan jalur non akademik. “Ada beberapa kategori yang masuk kepada jalur non akademik, ¬†anak yang rawan melanjutkan pendidikan (RMP), anak berprestasi, MoU serta Undang-undang,” katanya. Dia menjelaskan, untuk jalur RMP, selain nilai hasil ujian, juga harus disertakan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintahan setempat. Sedangkan untuk jalur prestasi, pendaftar harus memiliki sertifikat kejuaraan yang dikeluarkan Dinas Pendidikan, Kementrian Agama atau non dinas.

“Seperti kejuaraan yang diselenggarakan pihak Smansa,” ucapnya.Sedangkan jalur MoU, kerjasama yang sudah disepakati antara Smansa dengan begerapa instansi pemerintah, seperti RSUD, Kejaksaan dan lainnya. “Jalur Undang-undang, yakni pendaftar yang notabenenya sebagai anak tenaga pendidik yang sudah bersertifikasi,” katanya.

Sesuai sistem, semua pendaftar, akan ditentukan diterima atau tidaknya di SMAN 1, oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. “Hal itu sebagai upaya untuk menekan adanya tindakan kolusi yang berujung pada transaksional atau siswa titipan,” jelasnya. (nur)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.