Pendidikan Politik Bagi Pelajar

Peliput/Editor: iqbal/iman nurman

Pendidikan Politik Bagi Pelajar

MEMILIH: Seorang pelajar memilih calon legislatif pada Pemilu yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. (NET/ILUSTRASI)

Previous Next

TANJUNGSARI – Guna meningkatkan partisipasi pemilih bagi pemilih pemula (pelajar) anggota DPRD Kabupaten Sumedang melakukan sosialisasi Pemilu kepada pelajar di salah satu SMA di Sumedang Barat, Sabtu (24/10). Pasalnya, sekolah mempunyai peranan penting melalui pendidikan politik bagi siswa.

Pendidikan politik di sekolah dapat diberikan melalui pendidikan pemilih (voters education) bagi pemilih pemula yang memiliki jumlah sangat signifikan dalam kegiatan pemilihan.
Hal itu disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Sumedang, Irwansyah Putra kepada wartawan dalam kegiatan Sabadesa bersama anggota dewan lainnya, di SMA Negeri 1 Tanjungsari, Sabtu (24/10).

“Sering pesta demokrasi tidak berhasil karena tingkat partisipasi politik yang dilakukan oleh generasi muda ini, rendah. Malah sebaliknya kaum generasi muda bersifat apolitik. Untuk memberikan pengetahuan tentang proses politik tersebut, diperlukan sebuah proses pendidikan politik kepada peserta didik agar memiliki pemahaman yang utuh,” katanya.

Jika saja pelajar tidak memiliki pemahaman yang baik tentang proses politik serta gambaran tentang jejak rekam parpol, katanya, dikhawatirkan akan mudah digiring untuk memilih pemimpin atau parpol tertentu yang sebenarnya belum tentu mampu untuk mengakomodasi aspirasi mereka.

Menurutnya, pendidikan pemilih pemula memiliki peranan yang sangat penting dalam membangkitkan kesadaran dan daya kritis siswa tentang hak pilihnya. Sehingga siswa memiliki pemahaman akan pelaksanaan pemilu yang merupakan bagian dari proses demokrasi yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan tanggungjawab.

“Politik yang selalu tergambar dalam pikiran mereka adalah sederatan nama partai dan tokoh-tokoh politik yang tidak memenuhi cita-cita ideal pelajar, padahal tidak seperti itu,” ujarnya lagi. (iqi)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js