Penghuni Rutilahu Dapat Bantuan

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Penghuni Rutilahu Dapat Bantuan

BERIKAN BANTUAN: Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Darmaraja memberikan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan Rutilahu, kemarin.

DARMARAJA – Janda penghuni rumah tidak layak huni (Rutilahu) dapat bantuan stimulan dari Pemerintahan Kabupaten Sumedang. Bantuan diberikan melalui Pemerintah Kecamatan Darmaraja kepada Tinah (56) warga Dusun Ciduging, Desa Tarunajaya, Kecamatan Darmaraja.

Camat Darmaraja, Drs. Agus Kori Hidayat, M.si menyebutkan, bahwa bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian Forkopimka Darmaraja dan pihak-pihak terkait untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu. “Bantuan tersebut berupa sembako dan sejumlah uang, yang sumbernya dari Baznas, PMI dan unit pengelola dana bergulir (UPDB) Kecamatan Darmaraja,” katanya, saat diwawancarai di lokasi tersebut, kemarin (21/12).

Dikatakan, bantuan yang diberikan pada saat ini masih belum bisa untuk merehab rumah yang nyaris ambruk. Namun pihak kecamatan mendorong pihak desa, untuk menganggarkan dari dana desa (DD) untuk program rumah sehat.

“Mungkin saat ini kita hanya berikan bantuan untuk biaya sehari-hari aja. Untuk perehaban rumahnya kita akan ajukan, tapi untuk yang bersifat emergency seperti ini lebih baik pihak desa menganggarkannya dari DD,” ucapnya.

Masih dilokasi yang sama, Kepala Desa Tarunajaya, Eman Sulaeman menyebutkan, di desanya itu memang masih terdapat rumah-rumah yang tidak layak huni. Apalagi saat ini desa tersebut sebagai desa penyangga warga yang berasal dari wilayah genangan.

Dikatakan, pemerintah desa tersebut membutuhkan bantuan khusus dari pihak terkait untuk rutilahu tersebut, sebab mengandalkan dana desa saja masih belum cukup.

“Selain dari dana desa, kita juga butuh anggaran khusus untuk rutilahu, agar semua bisa cepat teratasi,” katanya lagi.

Penerima bantuan, Tinah (56) mengaku sangat terbantu oleh bantuan stimulan yang diberikan pihak terkait melalui muspika Darmaraja.

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak yang memberikan bantuan ini. Mudah-mudahan bantuan untuk perehaban rumahnya bisa segera terealisasi, agar saya bisa tidur dengan nyaman dan tidak ngungsi lagi di rumah anak saya,” ucapnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.