Pengkaderan Budokan Karate-Do Indonesia

Pengkaderan Budokan Karate-Do Indonesia

FOTO BERSAMA: Para dojo dari perkumpulan Budokan Karate-Do Indonesia wilayah Cimanggung berfoto bersama usai latihan di halaman Kantor Kecamatan, kemarin.

PEWARTA: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

CIMANGGUNG – Ratusan pecinta bela diri dari perkumpulan Budokan Karate-Do Indonesia wilayah Cimanggung mengadakan perekrutan pengkaderan yang merupakan calon pelatih bagi para peserta pemula.

Pengkaderan pelatih itu berlangsung di halaman kantor Kecamatan Cimanggung dengan diikuti para peserta lainya dari berbagai tingkatan. Untuk dipilih sebagai kader (pelatih) minimal sudah meraih tingkat sabuk coklat.

Seperti dikatakan Koordinator latihan Budokan Karate-Do Indonesia Cimanggung, Hendra bahwa pengkaderan merupakan salah satu latihan bagi pelatih itu sendiri. Latihan diberikan langsung oleh para senior tingkat sabuk hitam.

“Pelatihan para kader ini dilakukan agar mereka bisa melatih para dojo dari tingkat pemula. Rata-rata mereka yang ikut latihan merupakan para siswa SMP hingga SMA. Makanya kita butuh pengkaderan yang terbaik,” terang Hendra kepada Sumeks, kemarin.

Dengan pengkaderan itu diharapkan bagi para peserta atau para dojo dapat memberikan dorongan bagi tumbuh dan berkembangnya jiwa yang semangat bagi para pemula yang ingin bergabung.
Para peserta pengkaderan jika sudah mendapat kepercayaan jangan sampai memiliki rasa sombong dan tinggi hati. Keahlian bela diri yang dimiliki itu untuk jaga diri serta orang yang membutuhkan bukan untuk kesombongan.

“Makanya kita bentuk pengkaderan jika ada orang yang membutuhkan siap untuk melatih pemula. Saya tekankan kepada para pelatih nantinya harus tetap menanamkan jiwa rendah hati karena bela diri bukan untuk kesombongan,” tuturnya. (kos)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.