Penguasaan Bahasa Inggris Dibutuhkan Warga Pesisir Waduk

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Penguasaan Bahasa Inggris Dibutuhkan Warga Pesisir Waduk

BERI SAMBUTAN: Kepala Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja Yuyud memberi sambutan dalam sebuah acara, belum lama ini.(HERI PURNAMA/SUMEKS)

SUMEDANG – Adanya potensi wisata di areal pesisir Waduk Jatigede, Kepala Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja Yuyud menilai, selain upaya mendorong warga untuk mengasah mental usaha untuk berbisnis di areal wisata tersebut. Pemerintah desa juga, berharap agar warga pesisir waduk atau yang berpotensi menjadi pelaku wisata terutama warga Paku Alam, harus mendapat transfer ilmu Bahasa Inggris.

Menurutnya, jika wisata di area waduk sudah tertata dengan baik dan punya daya tarik wisatawan untuk berkunjung, tidak menutup kemungkinan akan banyaknya wisatawan yang berasal dari negara lain. Untuk hal itu, tentu saja tuan rumah harus bisa komunikasi dengan para wisatawan asing dengan baik.

“Pengusaan Bahasa Internasional di lingkungan tempat wisata memang sangat penting,” katanya, belum lama ini.

Dalam hal ini, pemerintah desa akan berupaya mencari celah untuk pelatihan Bahasa Inggris. Sebab, pihaknya menilai hal itu dianggap sangat penting.

“Kedepannya, kita berharap bisa punya program kursus Bahasa Internasional untuk warga,” ujarnya.

Sementara ini, pihak desa dalam hal ini kepala desa mengaku sudah ada relawan yang menguasai Bahasa Inggris yang siap membantu warganya untuk pelatihan.

“Saya sudah pernah komunikasi dengan salah seorang relawan yang mau berbagi ilmu dengan warga,” sebutnya.

Namun, pihak desa juga butuh dukungan dari semua unsur Pemerintah Kabupaten Sumedang, untuk mewujudkan programnya itu. “Dukungan dari pihak terkait sangat kami butuhkan,” harapnya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.