Pentas PAI Ajarkan Kejujuran dan Sportifitas

Pentas PAI Ajarkan Kejujuran dan Sportifitas

PIALA BERGILIR: Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir memberikan piala bergilir kepada salah seorang panitia acara pentas PAI, untuk diperebutkan para peserta pentas, kemarin. (ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: ASEP NURDIN/SUMEKS

KOTA – Upaya menumbuhkan kecintaan siswa terhadap Pendidikan Agama Islam,  Pemkab Sumedang menggelar Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Islam Tingkat Kabupaten Sumedang, Kamis (13/12).

Acara yang dibuka langsung Bupati Sumedang itu, diikuti sebanyak 1.404 siswa, mulai dari jenjang pendidikan SD,  SMP hingga SMA dan sederajat se-Kabupaten Sumedang.

“Pentas PAI, sebagai sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah STW,” kata Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir kepada Sumeks dalam acara pembukaan di Alun-alun Sumedang.

Selain itu, menurut Dony, sebagai sarana untuk mengembangkan syariat Islam di Sumedang, serta sebagai sarana tempat mengasah keterampilan seni siswa dan siswi.

“Setidaknya makna yang bisa kita ambil,  siswa-siswi dapat berkompetisi dengan baik dan fair, jujur dan sportif,” ucapnya.

Setiap orang, kata tidak akan maju tanpa siap manghadapi kompetisi. “Tidak akan ada suatu kemajuan tanpa berkompetisi,”  tegasnya.

Untuk itu, bupati mengajak siswa untuk berkompetisi, sehingga memiliki daya saing yang tinggi, dengan tetap memiliki sifat jujur, sportif dan ksatria.

“Saya harap,  dengan pentas ini akan menghasilkan siswa-siswi yang terampil dan berprestasi dalam bidangnya masing-masing,” paparnya.

Siapa pun pemenangnya, lanjut dia,  nantinya akan mewakili Kabupaten Sumedang di tingkat Jawa Barat.

Di tempat sama,  Kabag Kesra Pemkab Sumedang Agus Suherman menyebutkan, ada beberapa cabang seni yang dipentaskan para peserta.

Antara lain, lomba qasidah, Pidacil,  praktik kesempurnaan bacaan dan gerakan shalat, lomba kaligrafi,  Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ),  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), lomba adzan dan cerdas cermat untuk tungkat Sekolah Dasar.

Sedangkan untuk tingkat SMP, terdiri dari lomba cerdas cermat, pidato Islam,  MHQ, MTK, kaligrafi dan olimpiade PAI.  “Untuk tingkat SMA /SMK, antara lain, MHQ, MTQ debat PAI serta nasyid serta lomba desain busana muslimah,” katanya.

Penyelenggaraan kegiatan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti di panggung utama Alun-alun Sumedang, SDIT Assamadani, SMPN 4 Sumedang,  serambi Masjid Agung Sumedang dan lainnya. (nur)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.