Pentingnya Merawat Mobil

Peliput/Editor: Sobar Bahtiar/iman nurman

Pentingnya Merawat Mobil

TUNJUKAN: Taufan selaku pemilik Cosmix Car Wash menunjukan mobil miliknya dengan perawatan yang optimal, kemarin. (SOBAR BAHTIAR/SUMEKS)

KOTA- Mobil merupakan kendaraan yang kadang dapat mencerminkan siapa pemiliknya. Mobil juga menjadi kendaraan pilihan untuk perjalanan kerja atau pun untuk berlibur bersama keluarga. Banyak ragam aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kendaraan roda empat ini. Begitu banyak yang bisa dilakukan oleh kita bersama kendaraan kesayangan.

Namun tidak banyak yang tahu bagaimana merawat kendaraan tersebut, terutama merawat ketahanan cat pada mobilnya agar tetap bersih, mulus, dan kinclong. Serta warna yang tetap awet dan tidak pudar. Sehingga orang seringkali memilih untuk mengganti cat body mobil mereka ketimbang merawatnya.

Padahal, dengan mengganti cat mobil artinya mereka harus mengeluarkan lebih banyak lagi biaya belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk pengecatan body mobil tersebut. Taufan selaku pemilik Cosmix Car Wash memberikan beberapa tips untuk merawat supaya cat body mobil Anda tetap awet dan kinclong.

“Sebenarnya sih bagi yang paham tentang perawatan mobil ini bukanlah hal yang sulit kok. Pertama, jangan terlalu lama membiarkan kotoran menempel di mobil. Misalnya selepas hujan, jangan biarkan air hujan mengering di mobil terlalu lama, karena ini akan berpengaruh pada tingkat kekusaman cat body mobil,” katanya.

Kedua, hindari mobil bersentuhan langsung dengan cahaya matahari, walaupun kenyataanya Ini memang terkadang yang tidak bisa kita hindari karena banyak lahan parkir yang berada di lapangan terbuka. Oleh karena itu, supaya cat body mobil tetap awet yang perlu dilakukan adalah poles body dan wax atau coating laminating.

“Ketiga, mencuci mobil dengan cairan atau shampoo yang memang khusus untuk mobil. Keempat, lakukan pencucian mobil secara teratur. Misalnya satu minggu sekali atau tiga hari sekali. Pencucian ini bergantung pada orangnya, apalagi kalau yang bekerja di area pabrik bisa 2 atau 3 hari saja sudah harus di cuci untuk menjaga dari kusam,” pungkasnya. (bay)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.