oleh

Penuhi Anggaran Covid-19, Nurdin Sarankan Rasionalisasi Kegiatan Dewan

SUMEDANGEKSPRES.COM – Adanya kekurangan anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang turut ditanggapi mantan Anggota DPRD Sumedang sekaligus mantan Sekretaris Badan Anggaran, Nurdin Zaen.

Menurutnya, kekurangan yang berkisar hingga Rp50 Miliar tersebut, dapat dicari dengan cara melakukan rasionalisasi di sejumlah kegiatan.

“Informasinya kekurangan sekitar Rp30 M hingga Rp50 M. Nah, biasanya silpa dari APBD tahun 2019 sudah digunakan. Itu pasti sudah dialokasikan. Berarti, harus merasionalkan anggaran silpa itu,” ujarnya kepada Sumeks, Selasa (14/4).

Selain itu, lanjut Nurdin, rasionalisasi juga bisa dilakukan pada Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). Dikarenakan mengingat dengan kondisi keuangan daerah yang tidak stabil.

“Bukan dipotong secara keseluruhan, tapi baiknya TPP mulai April hingga Juni ini juga ikut dirasionalkan saja,” ucapnya.

Dalam upaya penanganan Covid-19 ini, lanjut Nurdin, penggunaan sisa lebih anggaran tahun lalu telah dialokasikan. Yang artinya harus ada ada rasionalisasi dari kegiatan.

“Sebagai sebuah empati dari yang terhormat anggota DPRD sebaiknya alokasi kunjungan kerja mulai April sampai Juni dirasionalkan. Yaitu, kunjungan kerja baik dalam provinsi juga luar provinsi, untuk komisi dan alat kelengkapan DPRD,” terangnya.

Nurdin juga menjelaskan, rasionalisasi tersebut tidak akan mengganggu capaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang sudah dihitung untuk tahun kedua di 2020.

“Kalau yang dikurangi kunjungan kerja, itu tidak ada dalam RPJMD,” sebut Nurdin.

Sementara itu, yang harus jadi bahan pertimbangan adalah para pejuang dan pelaksana garda terdepan penanganan Copid-19 ini. Diantaranya para pegawai kesehatan, baik di tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan.

“Mereka harus diberikan stimulus tidak hanya diberikan APD yang memadai saja. Namun harus diperhatikan stimulus penambahan pendapatan yang lainnya,” paparnya .

Nurdin juga menambahkan, pemerintah harus memperhatikan sejumlah aparat yang terus berjibaku di lapangan dalam penanganan Covid-19 ini.

“Seperti Satpol PP, juga aparat lainnya harus diperhatikan. Jadi rasionalisasi TPP juga harus ada pemilahan,” tuturnya. (Cr1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed