Penyewa Karya ABK Bertambah

Penyewa Karya ABK Bertambah

HASIL KARYA: Karangan bunga hasil karya ABK di SLB Bhina Bhakti Mandiri kembali mendapat kepercayaan untuk disewa atas kerja sama dengan baznas.

PEWARTA: HERI PURNAMA/SUMEKS

Kali Ini Kerja Sama dengan Baznas

CISITU – Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) atau SLB Bhina Bhakti Mandiri, kembali menjalin kerja sama dengan satu lembaga. Untuk kali ini, kerja sama dilakukan dengan dengan Baznas Kabupaten Sumedang setelah sebelumnya dengan Bank BRI unit Cisitu menyewakan hasil karya anak didiknya.

Kepala SLB Bina Bhakti Mandiri DR Isaris Arwianti SPd MMpd menyebutkan, sekolah yang dipimpinnya itu saat ini tengah berupaya menjalin kerja sama dengan pihak-pihak intansi yang ada di Sumedang.

“Setelah kita kerja sama dengan pihak BRI unit Cisitu, saat ini kita bisa kerja sama dengan baznas,” katanya melalui selulernya, kemarin (16/11).

Bentuk kerja sama tersebut, pihak sekolah menyewakan hasil karya anak didiknya berupa rangkaian bunga yang cantik. Setelah beberapa bulan rangkaian bunga tersebut akan diganti dengan yang baru, dan pihak sekolah mendapat uang sewa dari pihak yang sudah kerja sama.

“Bukan dijual, tapi kita seperti menyewakannya. Nanti rangkaian bunga yang sudah terpajang bisa kita ambil lagi dan diganti dengan yang baru,” ucapnya.

Dia menyebutkan, pihaknya melakukan hal itu untuk keberlangsungan pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus. Sebab bila terus-terusan memproduksi hasil karya tanpa bisa mendapatkan penghasilan, tentu tidak akan seimbang.

“Ya kan untuk membuat kerajinan ini perlu modal juga, sedangkan pelajaran kita lebih fokus kepada keterampilan. Jadi kalau hasil karya ini tidak jadi uang bisa mengganggu terhadap program keterampilan,” ucapnya.

Dia menerangkan, sekolah yang mendidik anak-anak punya kelainan mental itu, memang harus mengutamakan keterampilan. Dengan begitu anak didiknya dapat memiliki keahlian setelah dewasa nanti. Hal itu juga, setidaknya bisa menjadi pendorong bagi anak untuk menjadi perajin.

“Kita mau anak-anak ABK dari sini bisa punya keahlian khusus,” harapnya.

Dalam hal ini, pihak sekolah berharap semua intansi bisa membantunya untuk bekerja sama dengan SLB Bina Bhakti Mandiri dengan menyewa atau membeli hasil karyanya.

“Hasil karya kita tidak bisa diragukan karena sudah pernah jadi juara juga di tingkat nasional,” tukasnya. (eri).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.