Perbaikan Jalan Sendat Lalulintas Bandung-Garut

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Perbaikan Jalan Sendat Lalulintas Bandung-Garut

MACET: Antrean kendaraan mengular di Jalan Raya Bandung-Garut diakibatkan proyek pengerjaan perbaikan jalan.

BIKIN MACET

CIMANGGUNG – Proyek pengerjaan perbaikan Jalan Raya Bandung-Garut, beberapa minggu ini menjadi penyebab kemacetan. Kendaraan mengular hingga satu kilometer hingga mengakibatkan adanya antrean kendaran di bundaran Parakanmucang.

Kendaraan dari Parakanmuncang menuju Cicalengka lewat by pass pun tersendat dan hanya mampu berjalan tiga kilometer perjam. Hal ini terjadi, lantaran pengerjaan proyek perbaikan jalur memakan sebagian badan jalan.

“Harusnya perbaikan jalan gini dikerjakan malam hari. Kenapa dikerjakannya siang hari gini? Bikin macet,” kesal Dedi Supriatna (27) salah satu pengendara motor, kemarin (5/11).

Menurutnya, perbaikan itu berdampak pada kemacetan di jalan protokol. Bahkan hal itu, berimbas ke jalan-jalan alternatif yang ada di sekitarnya sehingga banyak dikeluhkan pengendara dan warga sekitar.

“Jalan masuk Parakanmucang juga jadi tersendat gara-gara ada perbaikan jalan. Selain itu arah menuju Cicalengka melalui jalan lama juga macet. Tidak ada pengaturan kendaraan sehingga kondisinya semrawut,” katanya.

Peningkatan jalan dengan cara diisi cor beton itu, membuat titik kemacetan baru. Posisi perbaikan itu ada di tengah badan jalan. Lokasinya tepat setelah rest area atau depan komplek perumahan Duta Family.

Biasanya, kata Dedi, saat jam sibuk lalulintas makin semrawut. Kemacetan panjang nyaris hingga depan Pom Bensin Pangsor. Di titik awal perbaikan jalan, kendaraan harus dialihkan ke satu lajur kiri maupun kanan karena tengah badan jalan ada perbaikan.

Kondisi itu diperparah oleh perilaku pengendara yang tak sabar dan saling serobot. Sehingga memperparah kemacetan menuju Garut.

“Sekarang siang hari macet. Namun pas jam pulang kantor ini yang paling macet,” tuturnya. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.