Perbaikan Molor, Polisi Rekayasa Lalin

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Perbaikan Molor, Polisi Rekayasa Lalin

ATUR LALIN: Petugas Polsek Cimanggung melaksanakan pengamanan dan pengaturan dalam rangka pekerjaan drainase Jalan Raya Bandung-Garut Kilometer 23,5, tepatnya di depan PT Kahatex 2, kemarin (9/8).(ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)

SUMEDANG – Unit Lantas Polsek Cimanggung, melaksanakan pengamanan dan pengaturan dalam rangka pekerjaan drainase Jalan Raya Bandung-Garut Kilometer 23,5, tepatnya di depan PTKahatex 2.

Pembangunan drainase dari Kementersian PUPR tersebut, untuk mengantisi terjadinya banjir pada musim hujan. Namun sedianya harus selesai pada Juli 2018, belum terselesaikan hingga Agustus tahun ini.

Akibat kegiatan tersebut, kendaraan dari dua arah menuju Garut maupun sebaliknya, terjadi arus lalin terlambat, karena terdampak dari adanya pekerjaan drainase yang pengerjaanya dari Dinas PU Provinsi.

“Sebelum ada pengerjaan drainase, kemaceta hanya terjadi saat masuk dan keluar pabrik saja. Namun setelah ada pengerjaan drainase arus lalin yang dilintasi kendaraan baik dari arah Bandung menuju Garut juga sebaliknya, mengalami perlambatan/antrean,” kata Kanit Lantas Polsek Cimanggung Ipda Z U Mamonto, kemarin (9/8).

Kemacetan ini terjadi, akibat penyempitan karena lajur yang digunakan semula ada tiga lajur menjadi satu lajur. Untuk mengatur agar lalu lintas berjalan lancar, petugas melaksanakan rekayasa.

Pengaturan dilakukan dengan membuka/membokar media jalan pembatas antara jalan arah Bandung menuju Garut dan dari arah Garut menuju Bandung, guna menambah lajur yang datang dari Bandung ke Garut. Sehingga, dapat digunakan dua lajur.

“Pengaturan rekayasa jalan tersebut untuk mengurangi angka kemacetan atau antrean dari kendaraan dua arah,” jelasnya.

Agar tidak terjadi kemacetan, pihaknya mengimbau juga kepada para pengendara yang ingin melintas, untuk menghindari jam rawan macet pada pagi hari mulai pukul 06.00 hingga 07.30.

Sedangkan siang harinya, mulai pukul 13.00 hingga 14.00, pada sore hari pukul 16.00 hingga pukul 18.00. Kemacetan itu terjadi bertepatan dengan bubarnya karyawan PT Kahatex. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.