Peringatan Puncak HKN ke-53 Meriah

Peringatan Puncak HKN ke-53 Meriah

BUKA ACARA: Bupati Sumedang, Eka Setiawan saat membuka acara jalan sehat dalam rangka Puncak HKN ke 53, di Alun-alun Sumedang, kemarin.

PEWARTA: ASEP HERDIANA/SUMEKS

Bertabur Hadiah Doorprize Umrah

KOTA – Sekitar 2000 peserta dari tenaga kesehatan se-Kabupaten Sumedang dan masyarakat umum mengikuti acara senam masal dan gerak jalan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tingkat Kabupaten Sumedang bertempat di Alun-alun Sumedang, Minggu (19/11).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bupati Kabupaten Sumedang, Ketua TP.PKK Kabupaten Sumedang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Direktur RSUD Kabupaten Sumedang, Direktur RS.Pakuwon, Direktur RS. Harapan Keluarga, para Kepala SKPD se Kabupaten Sumedang, Kepala BPJS Kabupaten Sumedang, Kepala BJB Cabang Sumedang dan tamu undangan lainnya.

HKN ke-53 mengusung tema “Sehat Keluargaku Sehat Sumedangku Sehat Indonesiaku”. Rute yang dilalui gerak jalan tersebut yaitu Alun-alun Sumedang – Jl. Pangeran Geusan Ulun, Jl. Raden sadikin, Jl. Raden Suyud, Jl. Palasari, Jl. Pangeran Santri, Jl. Pandai, Jl. Kebon Kol, Jl. Cut Nyak Dien, Jl. Budi Asih, Alun-alun. Acara tersebut disertai dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis, cek golongan darah, dan penyuluhan dari Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Ketua panitia HKN dr. Januar Salman dalam laporannya mengatakan dasar dari dilaksanakannya acara tersebut adalah Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan, serta Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional. “Maksud dari diselenggarakannya kegiatan ini untuk lebih meningkatkan silaturahmi, kebersamaan, dan kerjasama antar komponen Kesehatan yang ada di Kabupaten Sumedang serta Masyarakat, dan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan,” katanya.

Masih menurut Januar, pelaksanaan rangkaian Gebyar Peringatan HKN ke-53 diikuti oleh pihak-pihak dari Puskesmas, RSUD Sumedang, Dinas Kesehatan, RSU Pakuwon, RS. Harapan Keluarga, BPJS, KPKS, KPRI THRSUS, PMI, Pendidikan Kesehatan, DWP Kesehatan, IDI, Perkumpulan/Persatuan/Kelompok Masyarakat lainnya di bidang kesehatan.

“Pelaksanaan rangkaian Gebyar peringatan HKN ke-53 dilaksanakan oleh panitia pelaksana kegiatan yang terdiri dari unsure RSUD Sumedang, RSU Pakuwon Sumedang, dan BPJS cabang Sumedang,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sumedang H. Eka Setiawan dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagianya bisa hadir dalam acara KHN ke-53 Tingkat Kabupaten Sumedang. “Saya merasa terhormat berada dikeluarga besar Kesehatan, mudah-mudahan keluarga besar kesehatan bisa selalu kompak, dan yang paling penting bisa membantu Pemerintah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatannya,” ujar Eka.

Disela-sela kegiatan tersebut diselenggarakan pula penandatanganan Penggalangan Komitmen Organisasi Profesi Kesehatan Kabupaten Sumedang mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Penandatanganan tersebut dilaksanakan oleh Bupati Sumedang, unsur Forkopimda, Ketua TP.PKK Kabupaten Sumedang, serta SKPD.

Diakhir acara dilakukan pengundian doorprise oleh Bupati berupa Tiket Umroh, yang dimenangkan oleh karyawan RSUD Sumedang,Ujang Jakaria (46) warga Dusun Tarikolot Kecamatan Situraja. (her/adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.