Persadia Peringati Hari Diabetes se-Dunia

KOTA – Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) Cabang Sumedang memperingati Hari Diabetes se-Dunia dan Jambore Prolanis, Sabtu (14/11). Kegiatan bertempat di GOR Tajimalela Sumedang dengan tema ‘Sehat Ceria Bersama Diabetisi’.

Sekertaris Daerah (Sekda) Sumedang, Drs H Zaenal Alimin MM menghadiri acara tersebut dengan didampingi Direktur RSUD dr. Hilman Taufik Wijaya Somantri, unsur Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan Sumedang, Konida, para sponsorship serta undangan lainnya.

Ketua penyelenggara kegiatan, dr Ana Pertiwi M Mkes dalam laporannya mengatakan, Persadia merupakan organisasi sosial diabetes. Ini merupakan wahana bagi para diabetisi, dokter, petugas kesehatan dan para simpatisan. Dalam organisasi ini mereka bekerja sama meningkatkan kesehatan masyarakat pada umumnya dan para diabetisi pada khususnya.

Dikatakan Ana, peserta kegiatan pada peringatan Hari Diabetes tersebut tercatat 600 orang. Terdiri dari berbagai klub yang telah melaksanakan program prolanis dengan dukungan penuh BPJS Kesehatan.

“Pada kesempatan ini dilakukan pula pelantikan dan pengukuhan pengurus 10 unit Persadia. Acara dimeriahkan pula dengan lomba senam diabetes, educative fun walk, lomba penyajian menu diabetes dan lomba joged wilayah Sumedang,” ujar Ana.

Sementara itu, Ketua Persadia Cabang Sumedang dr Hj Darmiana MKes mengatakan jumlah total unit Persadia di Kabupaten Sumedang telah mencapai 22 unit. Menurutnya, bulan Mei lalu telah dilantik dan dikukuhkan 12 unit kepengurusan Persadia, ditambah sekarang 10 unit sehingga semuanya 22 unit. “Masing-masing unit bertugas untuk membantu secara preventif dan promotif Persadia Cabang Sumedang dalam hal diabetes,” ungkap Darmiana usai melantik dan mengukuhkan pengurus pada 10 Unit Persadia .

Darmiana berharap Persadia Cabang Sumedang yang keberadaannya didukung pula oleh RSUD, Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan Sumedang ke depan akan memiliki data yang akurat untuk penderita diabetes dan keluarganya.

Sekda Drs H Zaenal Alimin, MM di awal sambutannya mengucapkan selamat kepada para pengurus unit yang baru dilantik.

“Selamat bekerja kepada para Bapak dan Ibu yang tergabung dalam Unit Persedia. Semoga bisa mensosialisasikan dan melakukan pembinaan kepada masyarakat sehingga yang terkena penyakit diabet bisa secara bertahap disembuhkan dan yang lainnya bisa diantisipasi,” ujar Zaenal.

Berkaitan dengan penyakit diabetes, Sekda menghimbau agar masyarakat bisa mengatur dan mengelola asupan makanan yang diimbangi dengan melakukan olahraga yang teratur. Karena, segala penyakit bersumber dari perut.

“Ada dua hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan kondisi kesehatan badan seseorang, pertama adalah perut dan kedua adalah hati,” ungkap Sekda.

Pada kesempatan itu, Zaenal Alimin menyerahkan bantuan operasional untuk Persadia Cabang Sumedang berupa uang sebesar Rp. 2,5 juta. Sumbangan itu diterima oleh Ketua Cabang Persadia dr. Hj. Darmiana, M.Kes. Selain itu, Zaenal juga memberikan penghargaan kepada Klub Mekar Ceria dari Sumedang Selatan sebagai Klub Prolanis Terbaik 2015 BPJS Kesehatan yang dilanjutkan dengan melepas peserta Educative Fun Walk yang diikuti 54 klub diabetisi. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.