Senin, 3 Agustus 2020

Sumedang Ekspres

Bacaan Utama Warga Sumedang

Petani Sambut Program AUTP

KOTA – Para petani padi Sumedang, yang tergabung dalam kelompok tani, menyambut antusias program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) yang digulirkan pemerintah pusat. Buktinya, walau belum lama disosialisasikan, sudah banyak kelompok tani yang mendaftar untuk masuk menjadi peserta asuransi pertanian ini.

Kabid Sumber Daya Pertanian (SDP) Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan, Utuy Kurnia ketika dikonfirmasi, mengatakan dari 26 kecamatan sudah 25 kecamatan yang telah memasukkan datanya. “Satu kecamatan yaitu Jatinangor untuk musim ini memang nihil, tak mendaftar menjadi peserta asuransi,” terangnya, Rabu (11/11).

Dikatakan Utuy, walaupun para petani yang tergabung dalam kelompok tani ini telah mendaftar, namun tidak secara otomatis menjadi peserta sebelum dilakukan survei pihak yang berkompeten dalam hal ini pihak Jasindo. “Tim dari Jasindo ini yang nantinya akan menilai apakah lahan tersebut bisa diasuransikan atau tidak. Terutama dilihat dari sistem pengairan yang mengairi areal sawah terebut,” jelasnya.

Sejauh ini, lanjut Utuy, pihak Jasindo baru melakukan survei di 6 kecamatan, yaitu Cisarua, Wado, Cimanggung, Rancakalong, Cimalaka dan Darmaraja. Namun belum diketahui hasil finalnya.
Kendati demikian, tambah Utuy dari kuota Kabupaten Sumedang seluas 7000 hektar untuk musim ini, tampaknya tidak akan terpenuhi seluruhnya.

“Saat ini rata per kecamatan hanya sekitar 200 hektar, jadikan kalau 25 kecamatan paling hanya sekitar 5000 hektar saja,” tandasnya. (her)