Pilkada Diprediksi Dua Putaran

Peliput/Editor: NET/ILUSTRASI

Pilkada Diprediksi Dua Putaran

Jika Calonnya Banyak

JATINANGOR – Pemilihan Kepala Daerah di Sumedang sepertinya bakal menjadi Pilkada yang sengit. Sebab, sudah banyak calon bupati dan wakilnya baik dari Parpol maupun independen yang mempromosikan diri.

Namun, hal itu justru akan memecahkan suara dan terjadi persaingan yang tidak sehat. Baiknya, tidak banyak calon untuk membuat kondusivitas politik di Sumedang.

”Pilkada Sumedang kalau di ikuti banyak pasang calon bupati/ wakil bupati. Maka, kemungkinan akan terjadi dua putaran. Idealnya tiga pasangan calon, dua didukung partai dan satu dari perseorangan. Bila ini terjadi dua putaran maka biaya sangat besar sedangkan anggaran sangat minim,” kata Ketua LSM Forbekka Sitam Rasyid kepada Sumeks, kemarin (7/11).

Menurutnya, Pilkada harus menghasilkan pemimpin yang berkualitas agar kedepan Sumedang menjadi lebih maju dari daerah lain di Jabar.

‘Tahun 2018 adalah Pilkada serentak yang kedua. Sehingga, banyak sekali hal-hal teknis yang menjadi kendala di tingkat PPK atau PPS. Untuk partai politik sebaiknya harus menciptakan kader kader partai yang berkualitas .

‘Kata Sitam, partai politik yang sukses dalam pengkaderan calon calon pemimpin adalah partai yang berhasil. Jangan waktu Pilkada mencari calon dari luar partai. Ini ciri cirinya partai gagal dalam pengaturan.

“Semoga Pilkada di Sumedang akan menjadi tolak ukur Pilkada di Jabar khususnya dan Indonesia pada umumnya,” tegasnya. (imn)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.