oleh

Pilkades Serentak, Telan Biaya Rp5,6 Milyar

KOTA – Pemkab Sumedang menganggarkan dana sebesar Rp. 5,6 M untuk biaya pelaksanaan pilkades serentak yang akan digelar pada tahun 2020.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Teddy Mulyono mengatakan ada 88 Desa yang akan menggelar pilkades serentak pada tahun 2020.

Menurutnya, rata rata per desa akan mendapatkan bantuan Rp 50-60 juta, tergantung jumlah penduduk di desa.

“Untuk tahap pertama dana dianggarkan dari perubahan tahun 2019. Biaya ini diperuntukan bagi tahapan pertama pilkades, seperti pembentukan panitia,” ujar Teddy.

Selanjutnya, kata Teddy, dana untuk pilkades ini dianggarkan dari murni 2020 dan jumlahnya lebih besar daripada yang dianggarkan di perubahan.

“Yang jelas total amggaran untuk pilkades serentak 2020 ini mencapai Rp 5,6 M,” tandasnya.

Dikatakan Teddy, untuk pendanaan pilkades serentak 2020 ini seluruh biaya pelaksanaan ditanggung oleh APBD. Hal ini sesuai dengam amanat Undang undang, untuk biaya pelaksanaan pilkades serentak harus menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

“Jadi untuk pilkades serentak 2020 ini tidak ada alasan lainnya dari pihak desa untuk memungut dana baik dari masyarakat maupun calon,” tukasnya.

Teddy menjelaskan, untuk pelaksanaan pillkades serentak ini rencananya akan digelar triwulan kedua tahun 2020. “Sedangkan untuk tahapan pilkades dimulai sejak akhir rahun 2019,” tuturnya. (atp)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed