PLN Ekspor Listrik ke Malaysia

PLN Ekspor Listrik ke Malaysia

PERIKSA: Seorang petugas memeriksa jaringan di salah satu gardu listrik.

PEWARTA: NET

PT PLN (Persero) menyepakati perjanjian kerjasama pasokan listrik lintas negara, yang akan didistribusikan dari Kalimantan menuju Sabah, Malaysia.

Skema penyediaan tenaga listrik ini, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2012 tentang Jual Beli Tenaga Listrik Lintas Negara, yang akan dimulai pada 2021.

Dalam keterangan resminya, Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, PLN akan memasok listrik ke Malaysia hinggga kapasitas 300 megawatt. Rencananya, pasokan daya ke negara tersebut akan didistribusikan seusai pembangunan PLTU berkapasitas 2×200 MW di Kalimantan Utara atau Kalimantan Timur dan jaringan interkoneksi Kalimantan Sabah.

“Kerjasama ini menjadi langkah strategis yang ke depannya menjadi potensi bisnis baru bagi Indonesia. Ini juga bagian dari Asean Grid khususnya dari Pulau Kalimantan ke wilayah Sabah, Malaysia. Disana banyak sumber daya energi yang bisa diekplorasi,” ujar Sofyan.

Lebih lanjut ia mengemukakan, kerjasama pasokan listrik lintas negara ini melibatkan 2 perusahaan, Tenaga Nasional Berhad (TNB) dan Electricity Sdn Bhd (SESB). “Kami berharap, MoU antara PLN menjadi permulaan yang baik bagi kedua pihak negara, sekaligus dapat memberikan keuntungan bagi TNB, SESB.

Selain memanfaatkan sumber daya energi di Kalimantan, kerjasama ini juga akan memperkuat rencana interkoneksi daya trans Kalimantan yang penyaluran Iistriknya difasilitasi jaringan interkoneksi Kalimantan Sabah. (rmo).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.