PLN Jabar Resmikan 233 Listrik Desa

Peliput/Editor: NET

PLN Jabar Resmikan 233 Listrik Desa

PERESMIAN: PT PLN Distribusi Jawa Barat meresmikan jaringan listrik desa (lisdes) di Desa Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Kamis (2/11).

PT PLN Distribusi Jawa Barat meresmikan jaringan listrik desa (lisdes) di Desa Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Kamis (2/11). Peresmian ini, menggenapi pembangunan lisdes di 233 dusun di Jabar dengan total anggaran mencapai Rp196 miliar.

“Targetnya PLN akan mengelektrifikasi sekitar 26.000 kepala keluarga yang tersebar di berbagai daerah seperti Tasikmalaya, Subang Cianjur. Membangun jaringan lisdes bukan hal mudah karena kami harus menjangkau daerah terpencil yang sulit dilalui kendaraan,” ujar Direktur Bisnis PLN Jawa Bagian Tengah, Amir Sidik.

Amir mengemukakan, masih ada 658 dusun dari total 891 yang akan dibangun jaringan lisdes hingga akhir 2018. Ia optimistis, semua dusun akan teraliri listrik PLN sesuai dengan program PLN DJB dan Pemerintah Provinsi Jabar, Jabar Caang 2018.

Dia juga merinci, pembangunan jaringan lisdes di Kecamatan Cigalontang, rata-rata membutuhkan dana pemasangan Rp1,5 juta per pelanggan. Sementara di tempat lain yang kebih terpencil bisa mencapai RP10 juta pelanggan.

“Kalau di pelosok yang tidak bisa diakses kendaraan roda empat itu tiang-tiang listrik itu angkut oleh pekerja. Mudah-mudahan bisa tercapai targetnya yakni 1,5% warga Jabar yang belm menikmati listrik bisa terelektrifikasi,” ungkapnya.

General Manager DJB, Iwan Purwana menambahkan, di sisi lain pembangunan lisdes di Jabar PLN bersama Pemprov Jabar juga tengah merampungkan program pemasangan listrik gratis bagi 26142 pelanggan kategori miskin.

“Pemasangan listrik gratis yang dicanangkan PLN DJB dan Pemprov Jabar ini mencaoai 26142 pelanggan dan 5000 pelanggan sudah menikmati listrik. Tinggal sisanya semoga bisa terselesaikan hingga 2018.,” terang Iwan.

Rincinya program listrik gratis bagi pelanggan miskin ini meliputi pemasangan instalasi, pemasangan meteran dan inspeksi listrik yang diberikan secara cuma-cuma. (rmo)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js