oleh

Pohon Tumbang Ganggu Jaringan Listrik

KOTA – Kabel listrik yang membentang melewati hutan di Kabupaten Sumedang, rawan mengalami gangguan. Terlebih di musim hujan. Banyak gangguan mati listrik akibat tertimpa pohon yang lokasinya di tengah-tengah hutan. Kondisi ini, pun menjadi kendala untuk proses evakuasinya.

Bagian teknis PLN Kabupaten Sumedang sekaligus Tim Humas PLN Jawa Barat yang diwakili Humas PLN Kabuputen Sumedang, Momo Purnomo menyebutkan, beberapa titik yang dianggap dominan rawan mengganggu jaringan listrik, yaitu daerah Cijeungjing Kecamatan Jatigede, kawasan Pajagan, Cimarga Kecamatan Cisitu , Daerah Tanjung , Jingkang, Surian , Rancakalong, Genteng Sukasari, Cileles (wilayah banyak pohon bambu), daerah Cikekes, Wanakerta dan Kecamatan Situraja.

“Pada umumnya, daerah-daerah tersebut adalah wilayah hutan. Selain itu, wilayah hutannya pun sulit dijangjau kendaraan roda dua maupun roda empat,” katanya.

Selain wilayah hutan, Momo juga meminta kesadaran masyarakat yang merupakan pemilik pohon yang mengancam jaringan listrik. Sebab, terkadang pihak PLN dilema melakukan penertiban pohon yang mengancam jaringan listrik. Di satu sisi, pohon tersebut mengancam jaringan, namun disisi lain pohon itu pun ada pemiliknya.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka harus ada kesadaran dari pemilik pohonnya,untuk merelakan pohonnya di pangkas,” katanya.

Dalam hal ini, PLN selalu berupaya keras menghindarkan bahaya yang bisa merusak jaringan listrik. Meskipun, terkadang pihaknya kecolongan dengan kondisi pohon tumbang dan bencana alam lainnya. “Meski kita sudah maksimal, ada saja yang mengganggu jaringan listrik dan mengakibatkan mati lampu,” katanya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed