Polisi Sisir Pengendara SIM Palsu

Peliput/Editor: asep herdiana/usep adhiwihanda

Polisi Sisir Pengendara SIM Palsu

PENINDAKAN: Petugas dari Satlantas Polres Sumedang, sedang melakukan penindakan kepada salah seorang pengendara yang melanggar, Kamis (22/10). (ASEP HERDIANA/SUMEKS)

KOTA – Maraknya pemalsuan dokumen seperti surat izin mengemudi (SIM) dan ijazah, membuat Kepolisian Resort Sumedang menggelar Operasi Zebra Lodaya 2015, dimulai dari 22 oktober hingga 4 November 2015.
Operasi tersebut digelar guna mengedepankan upaya Penegakkan Hukum (Gakkum) Lalu Lintas serta mengantisipasi adanya surat ijin mengemudi (SIM) palsu yang belakangan terjadi di wilayah hukum Polres Sumedang.

Kasat Lantas Polres Sumedang, AKP Zaenul Arifin mengatakan sasaran utama dalam operasi ini antara lain pelanggaran angkutan umum, pelanggaran melawan arus, dan pelanggaran berpotensi kemacetan serta lakalantas.

“Oprasi ini juga sebagai upaya intensif untuk mengatisipasi adanya peredaran SIM palsu yang belakangan terjadi di wilayah hukum kami, “ ujar AKP Zaenul, saat dikonfirmasi, Kamis (22/10).

Dalam operasi ini, kata Kasatlantas, Polres telah menyiapan beberapa pola pelaksanaan yakni berupa sosialisasi (Pre-emptif) dan penindakan dengan cara di tilang atau penegakan hukum (gakkum).

Operasi yang diawali dengan apel gelar pasukan di halaman Mako Polres ini , dinilai menjadi salah satu upaya jitu untuk menekan angka kecelakaan. Pemotor yang tidak memakai helm standar, pelanggaran kecepatan kendaraan bermotor yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Lalu, kendaraan yang melawan arus lalu lintas, dan kendaraan bak terbuka yang digunakan memuat orang juga tak luput dari kejaran petugas.

“Angkutan umum yang mengangkut serta menurunkan penumpang tidak pada tempatnya juga akan kami tindak, karena bisa menyebabkan gangguan lalu lintas berupa kemacetan,” lanjutnya.

Dengan begitu, Operasi Zebra selama 14 hari itu diharapkan bisa membuat pengendara tertib berlalu lintas. “Meningkatkan ketertiban, kepatuhan, dan disiplin yang mantap dalam berlalu lintas,” tuturnya. (her)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.