Ponpes Annur Lahirkan Santri Berahlakul Karimah, Generasi Qurani

Ponpes Annur Lahirkan Santri Berahlakul Karimah, Generasi Qurani

AKTIVITAS: Dua santri Annur saat beraktivitas di kompleks Pondok Pesantren Annur, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, kemarin.(ASEP NURDIN/SUMEKS)

PEWARTA: asep nurdin

KOTA – Pondok Pesantren Annur yang beralamat di Jalan Hegarmanah, Nomor 03, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, siap menjadi pesantren yang melahirkan anak didiknya beraahakul karimah. Itu sesuai visi misi Annur yang berdedikasi menciptakan generasi Qurani.

Sebab, pendidikan agama merupakan hal terpenting dalam mencetak  anak agar menjadi soleh dan solehah. Inilah yang mendasari sejumlah orang tua untuk memilah dan memilih tempat pendidikan bagi putra-putri mereka.

Pondok Pesantren Modern Annur, siap mencetak  generasi Qur’ ani yang berbudi pekerti dan berahlakul karimah. “Pondok pesantren kami, tidak hanya menyelenggarakan pendidikan non formal saja,” kata Pimpinan Pondok Pesantren Annur,  H Moch Sahandy Prasasti S.Pd.I MM, kepada Sumeks, Senin (24/10).

Shandi menjelaskan, Pondok Pesantren yang berdiri sejak tahun 2006 itu, memiliki beberapa media pendidikan formal, seperti TK, TPA, MTs dan SMK jurusan Perbankan Syariah.

Meskipun pondok pesantren Annur termasuk kategori pesantren modern, namun basis salafiahnya tetap dipertahankan. “Karena pandangan kami, salafiah adalah rohnya pesantren,” terang Shandy.

Ia menambahkan, sistem pembelajaran yang diterapkan di Pontren Annuur, dibagi menjadi beberapa kelas atau tingkatan. ” Awal masuk, siswa ditempatkan di kelas I’dad selama dua bulan,” katanya.

Pada tingkatan kelas ini, lanjut Shandy, santri dianalisa masalah bacaan Qur’an.  “Kalau bacaan Qur’an nya dinilai sudah cukup baik, maka santri langsung dihadapkan pada pengkajian kitab kuning,” terangnya.

Dikatakan Shandy, ada beberapa tingkatan kelas yang harus ditempuh santri selama menggali ilmu Pondok Pesantern Annur, Shifir Ula, Shifir Sani,  Shifir Wusto, ‘Ulya satu dan ‘Ulya dua.

“Pada tingkat ‘Ulya dua, santri lebih banyak menggali dan mendalami kitab kuning, seperti
Nahwu sorof, Fikih, Hadist dan Tafsir Qur’ an,” ujarnya.

Tapi  sebagian santri ada juga yang mengambil program Tahfidz  atau  hapalan Qur’ an.   “Dalam satu tahun, santri setidaknya dituntut untuk hafal juz amma,” terangnya.

Dikatakannya, sekitar 200 santri yang terdaftar saat ini berasal dari berbagai daerah, seperti Brebes, Indramayu, Bekasi dan Jakarta, termasuk warga Sumedang.

Ia menambahkan, selain menggali kitab kuning, pontren Annur juga menyelenggarakan.

kegiatan dalam tiap sebulan sekali. Seperti muhasabah (merenungkan apa-apa yang pernah dilakukan selama satu bulan), Istigosah dan Solawat .

Dikatakannya, cikal bakal pontren yang menempati lahan seluas dua hektar ini,
berawal dari majlis taklim dan Pontren Putri Binangkit Annur yang berdiri pada tahun 1988, di  Jalan   Prabu Gajah Agung Nomor 33, yang sekarang menjadi  kantor KBIH Annur. (mg1)

One Response to "Ponpes Annur Lahirkan Santri Berahlakul Karimah, Generasi Qurani"

  1. pipit  21 Desember 2017 at 8:28 PM

    assalamualaikum..mau menanyakan…ada info ttg pendaftaran blm?sy googling utk pendaftaran thn sblmnya jg ga ketemu..trimakasih..wassalam

    Balas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.