Pontren Cikalama Butuhkan Penerangan

Peliput/Editor: ENGKOS KOSWARA/SUMEKS

Pontren Cikalama Butuhkan Penerangan

KUNJUNGI PONTREN: Bupati Sumedang Eka Setiawan didampingi sesepuh Pontren Cikalama menuju Masjid Cikalama saat akan melaksanakan sholat Jum’at beberapa waktu lalu.

Bupati Akan Pasang PJU
SUMEDANG – Pondok Pesantren Cikalama sangat membutuhkan penerangan. Sebab, selama ini penerangan jalan umum (PJU) menuju pesantren itu sangat minim.

Pondok Pesantren Cikalama di Dusun Cikalama RT 03 RW 10 Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung merupakan pesantren tertua di Jawa Barat itu. Saat ini, Ponpes itu juga sedang melakukan renovasi di beberapa bagian bangunan. Salah satunya, di lokasi Masjid Cikalama. Sesepuh Pontren Cikalama Mama KH Raden Yuyu Yusuf menyampaikan kebutuhan penerangan di sekitar pesantren kepada Bupati Sumedang Eka Setiawan saat bersilaturahmi dengan sesepuh pontren sekaligus melaksanakan Sholat Jumat, belum lama ini.

“Bila malam hari kondisi di sekitar lingkungan Pontren dirasa kurang representatif untuk digunakan aktivitas para santrinya. Sehingga, keberadaan PJU sangat di butuhkan. Selain itu, kondisi jalan menuju pesantren sudah perlu dilakukan perbaikan, mengingat terakhir kali dilakukan pengaspalan yakni pada sekitar tahun 1992,” terang Mama Yuyu di hadapan Bupati Eka.

Menanggapi harapan Pimpinan Pontren dengan jumlah santri sebanyak 425 orang itu, Bupati Eka berjanji untuk bisa segera memasang sebanyak empat buah Penerangan Jalan Umum (PJU). Selain itu, juga akan melakukan pembaruan pipanisasi guna kelancaran aliran air di Pontren Cikalama.

“Untuk PJU, mudah-mudahan kita akan segera bisa untuk memasangnya pada empat titik, seperti permintaan Mama (Yuyu). Juga, berikut perbaikan pada pipanisasi sehingga aliran air di sini (Pontren) semakin baik,” kata Eka.

Eka sangat merespon baik apa yang menjadi harapan dan kebutuhan pihak pontren Cikalama. Bahkan, pihaknya langsung memerintahkan Kabag Ekonomi H Dedi Tanrus untuk mencatat apa yang menjadi kebutuhan pontren.

Sementara itu, sebelum melaksanakan Sholat Jum’at, Eka mendapat kesempatan menyampaikan pidato di hadapan jemaah yang hadir. Dalam isi pidatonya, dirinya sangat membutuhkan do’a sekaligus dukungan dari para Kyai berikut santriawan/ti. Itu dilakukan guna turut menjaga kondusifitas yang dianggapnya selama ini dalam kondisi baik.

“Tahun depan (2018), khususnya di Kabupaten Sumedang dan beberapa wilayah di Jawa Barat akan melaksanakan pesta demokrasi. Untuk itu, pada kesempatan ini saya mohon kepada para pemuka agama disini (Cikalama) agar turut menjaga kondusifitas di lingkungan Pemkab Sumedang,” ucapnya.

Pihaknya sangat yakin dan percaya apabila ada bimbingan dari para Kyai, maka situasi dan kondisi di Kabupaten Sumedang akan tetap terjaga kondusufitasnya seperti harapan warga Sumedang.

Pada kunjungannya itu, Eka menyerahkan sejumlah bantuan berupa satu buah Speaker Aktif jenis Wireless untuk digunakan di Pontren tersebut. Eka juga memberikan santunan berupa sembako kepada enam orang, terdiri dari dua orang santri dan empat orang lanjut usia. (kos)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.