oleh

Positif Covid-19 Rafid Test Bertambah Lagi Dua Orang di Sumedang

Berasal dari Kecamatan Darmaraja dan Buahdua

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman kembali menyampaikan Perkembangan Covid-19 yang ada di Kabupaten Sumedang, Rabu (1/4).

Saat ini, kata Herman, ada penambahan dua pasien positif Covid-19 hasil rapid test yang berasal dari Kecamatan Buahdua dan Darmaraja.

“Benar, ada dua penambahan dari Kecamatan Buahdua dan Darmaraja setelah di cek melalui rapid test,” ujarnya dalam jumpa pers di Gedung Negara.

Akan tetapi, lanjut Herman, seperti yang di Kecamatan Paseh kemarin, hasil rapid test tersebut akan dikonfirmasi kembali melalui test swab sesuai dengan protokol kesehatan menggunakan metode polymerase chain reaction (PSR).

“Jadi, kondisinya Sumedang saat ini, satu positif yang sedang isolasi dan tiga lagi positif hasil rapid test,” sebutnya.

Untuk mengoptimalkan pencegahan penyebaran Covid-19, pemerintah daerah juga telah memberlakukan karantina wilayah parcial di 7 kecamatan.

“Jadi, nomenklatur dan kontennya diselaraskan dengan kebijakan pemerintah pusat menjadi optimalisasi pembatasan sosial dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang,” terangnya.

Sementara itu, data saat ini per tanggal 1 April 2020, ada lonjakan dari Orang Dalam Resiko (ODR) yang sebelumnya beristilah ODP beresiko.

Hal itu terjadi karena adanya konsolidasi data para pemudik yang cukup masif yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah.

Adapun kecamatan yang paling banyak pemudik yang notabene masuk ODR adalah Kecamatan Paseh sekitar 1.536 orang, Kecamatan Cibugel 1.376 orang, Kecamatan Jatinunggal 1.225 orang, Kecamatan Wado 1.126 orang dan Kecamatan Cisarua 1.064 orang.

“Saat ini warga masyarakat pemudik dimaksud diminta untuk melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing untuk jangka waktu 14 hari,” tuturnya. (rif)

Info Grafis:

Data Sementara penyebaran Covid-19 tanggal 1 April 2020.

  • Positif Covid-19 1 orang Kecamatan Sumedang Selatan
  • Pasien Dengan Pengawasa (PDP) 9 orang
  • Orang Dalam Pemantauan (ODP) 232 orang
  • Orang Dalam Risiko (ODR) 15.292 orang
  • Orang Tanpa Gejala (OTG) 17 orang
  • Positif Rafid Test (Diduga Covid-19) 3 orang (Kecamatan Paseh, Kecamatan Buahdua dan Kecamatan Darmaraja).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed