PPKB Papua Kunjungi Babakanasem

PPKB Papua Kunjungi Babakanasem

CINDERAMATA: Kadis PPKB Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua dr Viviana Maharani P saat memberikan cinderamata kepada Kadis PPKB Sumedang H Nasam SE AK, kemarin. (ATEP BIMO AS/SUMEKS)

PEWARTA: ATEP BIMO ARIO SUTEJO/SUMEKS

CONGGEANG – Rombongan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua mengunjungi Kampung KB Ayeum Tentrem Dusun 1 Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang, Senin (19/2).

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas PPKB Kabupaten Boven Digoel dr Viviana Maharani P.
Dalam kegiatan itu hadir Kadis PPKB Sumedang H Nasam SE AK, Camat Conggeang Drs Bambang Kustiantoro, Kepala UPT PPKB Conggeang dan Kepala Desa Babakanasem Emid Koswara. Hadir pula kader-kader Kampung KB Desa Babakanasem, perangkat desa dan pengurus RT dan RW.

Kadis PPKB Kabupaten Boven Digoel Provinsi Papua dr Viviana Maharani P mengatakan pihaknya datang ke kampung KB Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang untuk mengadakan studi banding kampung KB atas rujukan dari Pemprov Jabar. Sebutnya, salah satu kampung KB yang terbaik di Jawa Barat berada di Kabupaten Sumedang.

“Kami beserta rombongan mendapatkan rujukan dari Pemprov Jabar. Karena, disini di Desa Babakanasem Kecamatan Conggeang merupakan salah satu kampung KB terbaik di Jawa Barat dengan berbagai inovasinya,” ujar Viviana saat mengawali obrolannya dengan Sumeks, kemarin (19/2).

Dikatakan Viviana, kedatangan pihaknya tidak hanya melakukan srudi banding saja, tetapi juga mengambil inovasi yang ada di Kampung KB Desa Babakanasem. Mengambil inovasi inovasi yang baik dan akan dikolaborasikan serta diterapkan di Kabupaten Boven Digoel.

“Kami sangat terkesan dengan keberadaan Kampung KB disini. Disini ada Kampung KB yang dikolaborasikan dengan berbagai unsur. Seperti, sekolah alam, PAUD, pertanian dan bidang-bidang lain lainnya. Ini akan mencontoh yang akan dibawa ke Boven Digoel,” terangnya.

Sementara itu, Kadis PPKB Sumedang H Nasam SE AK merasa bangga dan mengapresiasi kedatangan rombongan Dinas PPKB Kabupaten Boven Digoel Papua.

“Ini untuk kesekian kalinya Kampung KB Desa Babakanasem dijadikan rujukan dan percontohan oleh provinsi lain. Kami sangat bangga,” ujar Nasam.

Nasam menuturkan, inovasi inovasi yang baik di Kampung KB Desa Babakanasem dan menjadi contoh dapat diterapkan di kabupaten paling timur di Indonesia itu. Studi banding ini sangat berguna untuk melakukan sharing dan saling mengisi.

“Semoga dari pertemuan dan silaturahmi ini dapat menjalin komunikasi, saling berbagi dan dapat menjadikan contoh satu sama lainnya,” tutur Nasam.

Kepala Desa Babakanasem Emid Koswara mengaku bangga dengan dijadikannya Kampung KB di desanya menjadi percontohan. “Semoga kedepannya dapat dapat lebih maju dan berkembang lagi,” ujarnya. (atp)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.