Pramuka jadi Relawan Bencana

KOTA – Sejumlah anggota Pramuka Penegak dan Pandega diperbantukan menjadi relawan di lokasi pengungsian Makodim 0610 Sumedang sejak Rabu (28/9) hingga Kamis (6/10), mendatang.

Seperti dikatakan Sekertaris Kwarcab Kabupaten Sumedang, Idris, relawan tersebut sengaja dilibatkan untuk meringankan pekerjaan-pekerjaan di sekitar lokasi pengungsian.

“Kami mengirimkan surat kepada setiap Kwaran yang ada di Kabupaten Sumedang untuk mengirimkan relawan anggota Pramuka ke Makodim Sumedang,” kata Idris, pada Sumeks, Kamis (29/9).

Setiap harinya, lanjut Idris, tidak kurang dari 20 anggota Pramuka disiagakan di lokasi pengungsi.

“Setiap harinya kita bagi menjadi tiga shift, pagi sebanyak 5 anggota, siang 5 anggota dan malam berjumlah 10 anggota Pramuka,” ujarnya.

Selain itu, kata Idris, pihaknya juga mendapat bantuan kebutuhan pokok termasuk peralatan bayi dari Kwartir Nasional dan Daerah Jawa Barat.

“Teknis penyaluran, dari Kwarda disalurkan langsung kepada para korban bencana banjir di Regol dan Padasuka, sedangkan yang dari Kwartir Nasional (Kwarnas) akan kita salurkan kepada korban bencana tanah longsor di pengungsian Tadjimalela,” terangnya.
Semoga, Kata Idris, bantuan yang pihaknya berikan dapat meringankan beban korban bencana selama di pengungsian. (mg1)

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.