oleh

Produksi Gula Aren Menurun

DARMARAJA – Pemerintah Desa Cipeuteuy mengakui adanya penurunan produksi gula aren setiap tahunnya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan produksi gula aren di desa tersebut salah satunya karena factor alam.

Pjs Kepala Desa Cipeuteuy, Yurman Nugraha menyebutkan, gula aren jadi salah satu produk yang melekat dengan nama desanya itu. Sebab, Cipeuteuy identik dengan gula arennya, setiap tamu yang datang ke desa tersebut pasti menjadikan gula aren sebagai oleh-olehnya.

“Kalau nyebut nama Cipeuteuy, pasti yang diingat itu gula arennya. Jadi jangan sampai gula aren musnah di desa ini,” kata dia.
  Sekretaris Desa Cipeuteuy, Ahdi menyebutkan, salah satu faktor terjadinya penurunan produksi gula aren itu adalah alam. Dia menerangkan, perbandingan air sadapan dari pohon aren sebagai bahan baku gula, itu sangat jauh berbeda antara dulu dengan sekarang.

“Kalau dulu air sadapan atau lahangnya itu banyak, beda dengan sekarang yang hanya setengahnya saja,” kata dia.

Selain itu, pohon aren di kawasan desa tersebut berkurang, meskipun pihak desa sudah membuat perdes terkait larangan menebang atau menjual pohon aren yang masih produktif kepada pengusaha aci kawung.

“Pohon aren ini bisa diolah jadi salah satu makanan yang disebut aci kawung, jadi banyak warga yang menjual pohonnya itu, padahal pohon tersebut masih sangat produktif. Jadi kita sempat buatkan perdesnya untuk larangan tersebut,” kata dia.

Namun, meski demikian produksi gula aren tetap saja mengalami penurunan, bahkan, hama monyet pun jadi salah satu faktornya. Dampak dari semua faktor tersebut juga mengikis mental para perajin yang harus berubah haluan.

Sampai saat ini, warga yang berpropesi sebagai perajin gula aren hanya tersisa sekitar 20 persenan. “Dari generasi ke generasi jumlah perajinnya semakin terkikis,” ucapnya. (eri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed