Promo Wisata Melalui Nasi Liwet

Peliput/Editor: HERI PURNAMA/SUMEKS

Promo Wisata Melalui Nasi Liwet

CICIPI LIWET: Panitia pembuatan kegiatan Nasi Liwet tengah mencicipi sejumlah Nasi Liwet yang disajikan, beberapa waktu lalu. (HERI PURNAMA/SUMEKS)

DARMARAJA – Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja, mempromosikan wisata alamnya secara untuk. Yaitu, melalui Nasi Liwet. Hal ini dilakukan, dalam rangka memperingat HUT RI ke-73, beberapa waktu lalu.

Komunitas masyarakat desa tersebut, bekerja sama dengan karang taruna dan pemerintah desanya, untuk menggeliatkan wisata air Waduk Jatigede yang punya potensi jadi wisata berkelas nasional bahkan internasional.





Ketua panitia penyelenggaraan kegiatan Sunarta menyebutkan, wilayah Desa Paku, memiliki alam yang berpotensi untuk jadi destinasi wisata berkualitas. Hal itu, tentunya harus didorong kreatifitas masyarakat. Salah satunya dengan mempromisokan wilayah tersebut kepada publik.

“Berbagai kegiatan sudah dilakukan, termasuk sekarang lomba Nasi Liwet yang menjadi puncak kegiatan yang kami gelar,” katanya.
Menurutnya, Perlombaan Nasi Liwet diadakan untuk memunculkan identitas wisata desa. Sebab, Nasi Liwet menjadi salah satu produk unggulan untuk menjamu para wisatawan.

“Wisata Alam Desa Paku Alam tepatnya Dusun Cisema itu identik dengan Nasi Liwetnya. Oleh sebab itu, kami munculkan Nasi Liwet ini dengan perlombaan,” kata dia.

Kepala Desa Paku Alam Yuyud, mengapresiasi kreatifitas masyarakatnya yang sudah menggelar berbagai kegiatan yang berhubungan dengan wisata air Waduk Jatigede. Hal itu, merupakan bukti adanya kemauan dari masyarakat untuk merubah propesi dari petani ke pelaku usaha di areal wisata.

Namun, hal itu perlu juga ada dorongan dari semua pihak yang punya kapasitas dalam hal ini. Sebab, peran serta pemerintah desa saja tidak akan mampu mendorong lebih maksimal.

“Upaya masyarakat untuk menonjolkan potensi yang ada, itu sudah terlihat dari reaksi saat ini,” katanya. (eri)

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.