oleh

Puluhan Napi di Lapas Kelas II B Sumedang Jalani Swab Test

Kepala Lapas: Semenjak Pandemi Tidak Ada Besuk, Cuma Video Call Saja

SUMEDANGEKSPRES.COM – Sejumlah narapidana di lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Kabupaten Sumedang tengah menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Swab Test, Senin (29/6).

Pemeriksaan tersebut, dilakukan langsung oleh tenaga medis Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang yang bertujuan untuk mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 dilingkungan lapas.

Kepala Lapas Kelas II B Sumedang, Suranto mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil koordinasi lapas dengan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

“Dalam rangka untuk memastikan warga binaan dan petugasnya sehat, alhamdulillah kami dalam hari anti narkoba kemarin, saya koordinasi dengan pa bupati. Hasilnya kami langsung dapat swab test,” ujarnya kepada Sumeks.

Suranto menjelaskan, selama pandemi ini pihaknya tidak melayani jam besuk sesuai dengan arahan dan perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

“Suratnya ada, dan sampai saat ini aturan itu belum dicabut. Jadi, kepanjangannya itu kita laksanakan edaran dari kantor wilayah Jabar untuk tidak laksanakan kunjungan selama pandemi,” terangnya.

Namun demikian, lanjut Suranto, pihaknya tetap memfasilitasi para warga binaan untuk melakukan komunikasi dengan keluarganya.

“Mereka tetap bisa komunikasi, kami sediakan layanan video call untuk keluarganya setiap hari, kecuali Sabtu,” sebut Suranto.

Tak hanya itu, selama pandemi wabah Covid-19 berlangsung, Lapas Kelas II B Sumedang tidak menerima tahanan baru. Bahkan, pihak lapas justru memberikan asimilasi terhadap 80 tahanan yang telah menjalani setengah masa tahanan.

“Tidak ada tahanan baru. Dan warga binaan selama ini alhamdulillah tidak ada gejala. Mereka disini jalankan protokol kesehatan, termasuk asupan vitamin juga kami berikan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Reny K Anton menambahkan, ada sekitar 70 orang yang menjalani pemeriksaan swab test.

“Kegiatannya ini swab, tidak rapid lagi. Sekarang kami sedang laksanakan swab masif. Sasarannya pegawai dan warga binaan lapas,” ungkapnya.

Reny juga berharap, hasil dari pemeriksaan tersebut tidak ada yang positif terkonfirmasi Covid-19.

“Mudah-mudahan hasilnya negatif semua,” tuturnya. (bay)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed